MENINGKATKAN HASIL NILAI PESERTA DIDIK KELAS V DENGAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI SDN 179/V LUBUK BERNAI PADA MATA PELAJARAN PAI
Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Project Based Learning, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 179/V Lubuk Bernai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui metode Project-Based Learning (PJBL). Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, penelitian dilakukan dalam satu siklus empat pertemuan. Data diperoleh melalui pre-test dan post-test, dianalisis dengan uji-t untuk mengukur efektivitas PJBL. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 65 pada pre-test menjadi 85 pada post-test. Persentase siswa yang mencapai nilai di atas standar kelulusan meningkat dari 30% menjadi 90%. Siswa juga menunjukkan antusiasme, keterlibatan aktif, dan motivasi lebih tinggi selama pembelajaran. Proyek seperti poster kampanye zakat dan video tentang infaq mencerminkan pemahaman siswa terhadap materi serta keterampilan berpikir kritis, kerja sama, dan kreativitas. Analisis uji-t mengonfirmasi perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan PJBL. Pendekatan ini juga menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermakna, meskipun menghadapi tantangan seperti manajemen waktu dan kebutuhan bimbingan tambahan. PJBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa, serta dapat diadaptasi untuk mata pelajaran lainnya.







