MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KISAH NABI DAN RASUL KELAS V SDN 157/II SEI MANGKUANG KECIL

Authors

  • Hafazoh SDN 157/LL SEI MENGKUANG KECIL, BUNGO, JAMBI, INDONESIA

Keywords:

Minat Belajar, Problem Based Learning, Kisah Nabi dan Rasul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi Kisah Nabi dan Rasul di kelas V SDN 157/II Sei Mengkuang Kecil melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model McTaggart, yang melibatkan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam satu siklus dengan empat kali pertemuan. Data diperoleh melalui observasi dan catatan lapangan guru, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PBL berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik. Peserta didik menunjukkan peningkatan signifikan dalam antusiasme, keterlibatan aktif, dan keberanian untuk berpartisipasi selama pembelajaran. Melalui aktivitas seperti eksplorasi masalah, diskusi kelompok, dan presentasi, peserta didik terlibat secara langsung dalam proses belajar, yang membantu mereka memahami materi secara lebih mendalam dan relevan. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kerja sama, dan komunikasi peserta didik. PBL menciptakan suasana pembelajaran yang inklusif dan interaktif, di mana peserta didik merasa dihargai dan termotivasi untuk belajar. Kesimpulannya, PBL merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang relevan dan bermakna.

Downloads

Published

2025-01-27

How to Cite

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KISAH NABI DAN RASUL KELAS V SDN 157/II SEI MANGKUANG KECIL. (2025). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 186-198. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2891