PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VI SDN NO. 119/II PEDUKUN
Keywords:
Digital Learning, Minat Belajar, Media InteraktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VI SDN No. 119/II Pedukun melalui penggunaan media digital interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model McTaggart, yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam satu siklus dengan empat kali pertemuan. Media digital interaktif yang digunakan meliputi video animasi, aplikasi interaktif seperti Kahoot!, simulasi berbasis web, dan presentasi multimedia. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan catatan guru, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital interaktif secara signifikan meningkatkan minat belajar peserta didik. Peserta didik yang sebelumnya pasif menunjukkan peningkatan antusiasme, partisipasi aktif, dan keterlibatan dalam pembelajaran. Media digital interaktif menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan partisipatif, sehingga peserta didik merasa lebih termotivasi untuk belajar. Guru berperan penting sebagai fasilitator dalam memastikan teknologi digunakan secara efektif untuk mendukung tujuan pembelajaran. Kesimpulannya, media digital interaktif adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan di era digital







