MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN PAI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SDN 122 MUKAI TENGAH
Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa, Prestasi, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas II SD Negeri 122/III Mukai Tengah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengatasi masalah rendahnya keterlibatan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Discovery Learning secara signifikan meningkatkan keterlibatan aktif siswa, pemahaman materi, serta kemampuan berpikir kritis dan analitis. Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mampu mengaitkan konsep-konsep yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun metode ini menghadapi tantangan dalam hal persiapan dan keterbatasan sumber daya, manfaat yang diperoleh dari peningkatan kualitas pembelajaran sangat signifikan. Penelitian ini menyarankan pentingnya pelatihan guru dan dukungan sumber daya yang memadai untuk memastikan keberhasilan penerapan Discovery Learning. Hasil temuan ini memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dasar dan pengembangan kebijakan pendidikan yang mendukung metode pembelajaran inovatif.







