MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI MI DARUL ISTIQOMAH LAMPUNG TIMUR

Authors

  • Sianah MI DARUL ISTIQOMAH, LAMPUNG TIMUR, LAMPUNG, INDONESIA
  • Ramli MIS AL AZHAR, BANGKALAN, JAWA TIMUR, INDONESIA-
  • Rofiah MTSS MIFTAHIYAH YASI, BANGKALAN, JAWA TIMUR, INDONESIA
  • Rokip MTSS BUSTANUL HIDAYAH, BANGKALAN, JAWA TIMUR, INDONESIA
  • Yuli Huriah MTSS NURUL ISLAM, DEPOK, JAWA BARAT, INDONESIA
  • Purwo Priyono MTSS ZAINUL ULUM, BANGKALAN, JAWA TIMUR, INDONESIA

Keywords:

Gambar, Hasil Belajar, Madrasah, Siswa

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Darul Istiqomah, Lampung Timur, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penggunaan media gambar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus pertama, penggunaan media gambar menunjukkan peningkatan hasil belajar yang moderat, meskipun beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi. Observasi menunjukkan bahwa media gambar membantu memvisualisasikan konsep-konsep abstrak namun membutuhkan penjelasan tambahan dari guru. Pada siklus kedua, perbaikan dilakukan dengan memperjelas gambar dan memberikan penjelasan lebih rinci, yang menghasilkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, dengan sebagian besar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penggunaan media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan minat, motivasi, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan retensi memori jangka panjang siswa terhadap materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media gambar merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI MI DARUL ISTIQOMAH LAMPUNG TIMUR. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 77-85. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2683