UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS V SDN 71 KECAMATAN SADU KABUPATEN TANJABTIM

Authors

  • Amirul Mukminin Al Anwari UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI, MUARO JAMBI, JAMBI, INDONESIA
  • Okta Andika SD NEGERI 71/X SUNGAI SAYANG, TANJUNG JABUNG TIMUR, JAMBI, INDONESIA
  • Patimah SD NEGERI NO.189/VI PINANG MERAH II, MERANGIN, JAMBI, INDONESIA
  • Patmawati SDN 306/VI SUNGAI LIMAU II, MERANGIN, JAMBI, INDONESIA

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament TGT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 71/X Sungai Sayang Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 70%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Aktivitas siswa dan guru juga menunjukkan peningkatan yang signifikan selama proses pembelajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 71/X Sungai Sayang. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode TGT sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran lainnya.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS V SDN 71 KECAMATAN SADU KABUPATEN TANJABTIM. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 56-65. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2681