PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE KOOPERATIF LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 19/VI KOTO TAPUS I

Authors

  • Najmul Hayat UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI, MUARO JAMBI, JAMBI, INDONESIA
  • Dian Hastuti SDN 019/VI KT. TAPUS I, MERANGIN, JAMBI, INDONESIA
  • Eri Aswin SD ISLAM TERPADU AMANAH SUNGAI PENUH, SUNGAI PENUH, KERINCI, INDONESIA
  • Ermina SMA N 06 KERINCI, KERINCI, JAMBI, INDONESIA
  • Fitriyalis SMPN 01 SUNGAI PENUH, SUNGAI PENUH, JAMBI, INDONESIA

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Penelitian dilakukan di SDN 19/VI Koto Tapus I Desa Jangkat Kecamatan Jangkat Timur Kabupaten Merangin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa mencapai 66,40 dengan ketuntasan 66%. Sedangkan pada siklus kedua, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 85,05 dengan ketuntasan 100%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif pada materi tanda balig dalam pelajaran PAI efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam keaktifan dan antusiasme selama proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-08-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE KOOPERATIF LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 19/VI KOTO TAPUS I. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(2), 24-35. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2678