UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK LOKOMOTOR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV MIN 1 MUARO JAMBI
Keywords:
Gerak Lokomotor, Hasil Belajar, Pendekatan Bermain, Pendidikan JasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV MIN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas IV MIN 1 Muaro Jambi, terdiri dari 9 siswa putra dan 7 siswa putri. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan aspek psikomotor, afektif, kognitif, dan hasil belajar gerak lokomotor pada siswa kelas IV. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan hasil belajar namun belum signifikan. Pada siklus kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, menunjukkan bahwa pendekatan bermain efektif dalam meningkatkan kemampuan gerak lokomotor siswa. Permainan yang digunakan dalam pembelajaran gerak lokomotor mencakup berbagai keterampilan dasar seperti berjalan, berlari, melompat, dan lain-lain. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.







