UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE SHARING DAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS VI SDN NO 85/VI BARU NALO I PADA METERI IMAN KEPADA HARI AKHIR

Authors

  • Firdaus SDN 85/VI BARU NALO I
  • Fitriani SDN 086/X HARAPAN MAKMUR
  • Fitriyanti SDN 222/VI TANJUNG REJO I
  • Habibah SMPN 1 MERANGIN
  • Hamdani SDN 125/VI PULAU ARO II
  • Hamida SMPN 4 MERANGIN
  • Hariba SDN 020/VI MUARA MADRAS I

Keywords:

Hasil Belajar, Media Visual, Sharing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN No. 85/VI Baru Nalo I pada materi iman kepada hari akhir melalui metode sharing dan penggunaan media audio visual. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 49% menjadi 65%, dan pada siklus kedua menjadi 75%. Metode sharing dan penggunaan media audio visual membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Siswa menjadi lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi dan kegiatan belajar, menunjukkan antusiasme yang tinggi, dan merasa lebih termotivasi untuk belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa metode sharing dan media audio visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Diharapkan temuan ini dapat menjadi referensi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif.

Downloads

Published

2024-08-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE SHARING DAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS VI SDN NO 85/VI BARU NALO I PADA METERI IMAN KEPADA HARI AKHIR. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 141-152. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2671