MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PAI MATERI MENYAYANGI ANAK YATIM MENGGUNAKAN STRATEGI PROJECT BASED LEARNING KELAS V SD NEGERI 286/VI PULAU BAYUR II

Penulis

  • Elistriani Elistriani SDN 286/VI PULAU BAYUR II
  • Khoriyah Khoriyah SMAN 01 JAMBI
  • Laila Hayani SMAN 04 MUARO JAMBI
  • Leri Puspita SMPN 04 SUNGAI PENUH
  • Lia Indriati SMAN 15 TEBO
  • Liza Ardiati SMKN 4 TANJUNG JABUNG BARAT

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi apakah penggunaan media Project Learning  dapat meningkatkan Motivasi Pembelajaran siswa Kelas V Sd Negeri 286/Vi Pulau Bayur IIPelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian kelas dengan menerapkan siklus penelitian. Rinciannya siklus I, dan Siklus II. Setiap Siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencaanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian adalah seluruh siswa kelas Kelas V Sd Negeri 286/Vi Pulau Bayur II sebanyak 20 siswa data yang diperoleh berupa hasil ters formatif. Hasil penelitian Motivasi belajar belajar siswa kelas Kelas V Sd Negeri 286/Vi Pulau Bayur II mengalami peningkatan setelah penggunaan media project basic Learning dalam pembelajaran. Nilai rata-rata kelas Kelas V Sd Negeri 286/Vi Pulau Bayur II Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan project Basic Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan Motivasi belajar siswa pada tes hasil belajar. Pada siklus pertama, 60% siswa mencapai nilai di atas KKM, sedangkan pada siklus kedua, 90% siswa mencapai nilai di atas KKM. Peningkatan hasil belajar ini menunjukkan bahwa Project Based Lerning dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Diterbitkan

2023-01-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PAI MATERI MENYAYANGI ANAK YATIM MENGGUNAKAN STRATEGI PROJECT BASED LEARNING KELAS V SD NEGERI 286/VI PULAU BAYUR II. (2023). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 128-140. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2670