UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 122/III MUKAI TENGAH

Authors

  • Kusnita SDN 122-III MUKAI TENGAH
  • Eni Nerwana SMAN 10 MERANGIN
  • Fahrul Rozi SMAN 3 MERANGIN
  • Faridawati SMPN 34 TEBO
  • Fatchan SMKN 14 MERANGIN
  • Fenki Satria SMAN 12 TEBO
  • Fitri Hidayati SDN 052/VIII TEBO TENGAH

Keywords:

Hasil Belajar, Media Audio Visual, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi apakah penggunaan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II Sd Negeri 122/III Mukai Tengah Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kelas dengan menerapkan siklus penelitian. Rinciannya siklus I, dan Siklus II. Setiap Siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencaanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian adalah seluruh siswa kelas Kelas II Sd Negeri 122/III Mukai Tengah sebanyak 32 siswa data yang diperoleh berupa hasil ters formatif. Hasil belajar siswa kelas Kelas II Sd Negeri 122/III Mukai Tengah mengalami peningkatan setelah penggunaan discovery Learning dalam pembelajaran. Nilai rata-rata Kelas II Sd Negeri 122/III Mukai Tengah Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rerata nilai siswa pada tes hasil belajar. hasil belajar peserta didik pada siklus 1 nilai rata-rata 78,3 dengan persentase ketuntasan 79,3% meningkat pada siklus 2 yaitu nilai rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan 93,33%.

Downloads

Published

2024-08-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 122/III MUKAI TENGAH. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 101-115. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2668