UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE PBL DI KELAS IV SDN 302/VI BUNGA ANTOI III, KABUPATEN MERANGIN
Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi shalat dan rukunnya di kelas IV SD Negeri 302/VI Bunga Antoi III dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan namun masih belum optimal. Refleksi pada siklus I menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi dan kurang fokus dalam menyelesaikan LKPD. Pada siklus II, peneliti melakukan beberapa perbaikan, seperti memberikan penjelasan lebih detail, menugaskan siswa untuk menulis hasil kegiatan, dan memberikan perhatian lebih kepada siswa yang mengalami kesulitan. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan rata-rata nilai 90,25 dan 100% siswa tuntas. Penelitian ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dan dapat diterapkan sebagai alternatif metode pembelajaran. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah guru harus merancang PBL yang lebih menarik dan bervariasi serta memperhatikan kebutuhan siswa yang berbeda.







