PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI MENYAMBUT USIA BALIGH DI SDN 043/V TANJUNG SENJULANG
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Problem Based LearningAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran PAI materi menyambut usia baligh di SDN 043/V Tanjung Senjulang melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dimulai dengan prasiklus yang bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data awal, dan merumuskan rencana tindakan. Hasil pengamatan pada prasiklus menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik mengenai materi ini masih minim, dan pembelajaran cenderung terpusat pada guru. Berdasarkan hasil prasiklus, penelitian ini diimplementasikan dengan model pembelajaran PBL. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi menyambut usia baligh. Peningkatan tersebut terlihat dari hasil tes tertulis formatif yang mengalami peningkatan pada setiap siklus. Penelitian ini memberikan beberapa saran, yaitu guru harus mendesain pembelajaran dengan model PBL dengan memperhatikan sintak-sintaknya, dan perlu dilakukan observasi pada setiap siklus untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi guru lain dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menyambut usia baligh.







