PENGARUH MEDIA LIDI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK PADA PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV MI MIFTAAHUL ULUM LEBENG BARAT PASONGSONGAN SUMENEP

Authors

  • RAMLI MI MIFTAHUL ULUM LEBENG BARAT
  • RIEFDAYANI MIN 2 BATAM
  • ROSMALA DEWI MIN 5 KOTA LHOKSEUMAWE
  • ROSNATELI MIN 2 BANGKA BARAT
  • RUSMAWATI MIS AN NAZAM
  • RUWAIDA MIS MON MALEM

Keywords:

Bilangan Bulat, Lidi, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media lidi terhadap peningkatan keterampilan peserta didik dalam penjumlahan bilangan bulat di kelas IV MI. Miftahul Ulum Lebeng Barat Pasongsongan Sumenep. Melalui pendekatan PTK, peneliti melakukan intervensi dengan menggunakan media lidi dalam proses pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan peserta didik setelah penerapan media lidi. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan media yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya dalam mata pelajaran matematika. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya kemandirian siswa dalam proses pembelajaran, sejalan dengan profesionalisme guru. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang efektivitas penggunaan media lidi dalam meningkatkan keterampilan peserta didik dalam matematika, serta menekankan pentingnya kemandirian siswa dan profesionalisme guru dalam konteks pembelajaran.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

PENGARUH MEDIA LIDI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK PADA PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV MI MIFTAAHUL ULUM LEBENG BARAT PASONGSONGAN SUMENEP. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 32-38. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2648