MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE CARD SORT DIKELAS V SDN 092/X KAMPUNG LAUT
Keywords:
Card Sort, Motivasi, PAI, Sekolah DasarAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 092/X Kampung Laut untuk tahun pelajaran 2023-2024 melalui metode Card Sort. Latar belakang penelitian ini menyoroti masalah rendahnya motivasi belajar siswa yang sering disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan proses siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Card Sort secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Siswa menunjukkan peningkatan partisipasi, minat terhadap materi, dan antusiasme selama pelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Card Sort adalah strategi pedagogis yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PAI. Temuan ini menyarankan agar pendidik mempertimbangkan integrasi metode ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan memotivasi.







