MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE CARD SORT DIKELAS V SDN 092/X KAMPUNG LAUT

Authors

  • MUKHOLID SDN 092/X KAMPUNG LAUT
  • SITI AMINAH SDN 122/VII LADANG PANJANG II
  • SRI HARTATI SMAN 05 JAMBI
  • SUHERMAN SMA MUHAMMADIYAH SINGKUT
  • SURYATI SMAN 2 SAROLANGUN
  • SYAIFUDDIN RAHMAT SMPN 24 DENDANG

Keywords:

Card Sort, Motivasi, PAI, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 092/X Kampung Laut untuk tahun pelajaran 2023-2024 melalui metode Card Sort. Latar belakang penelitian ini menyoroti masalah rendahnya motivasi belajar siswa yang sering disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton dan tidak melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan proses siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Card Sort secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Siswa menunjukkan peningkatan partisipasi, minat terhadap materi, dan antusiasme selama pelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Card Sort adalah strategi pedagogis yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PAI. Temuan ini menyarankan agar pendidik mempertimbangkan integrasi metode ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan memotivasi.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE CARD SORT DIKELAS V SDN 092/X KAMPUNG LAUT. (2024). JIPT: Journal Of Indonesian Professional Teacher, 1(1), 23-31. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jipt/article/view/2647