UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI LEARNING PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL DI KELAS IV SDN 133/VII KASIRO ILIR
Keywords:
Beriman Kepada Rasul, Hasil Belajar, Inquiry Learning, Sekolah DasarAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 133/VII Kasiro Ilir dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri pada materi Beriman kepada Rasul. Penelitian ini merupakan respons terhadap tantangan yang diamati, di mana metode pengajaran tradisional yang monoton menyebabkan siswa kurang terlibat dan motivasi belajar rendah. Model pembelajaran Inkuiri mendorong partisipasi aktif, berpikir kritis, dan analisis, sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing melibatkan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan kuesioner untuk menilai kinerja dan keterlibatan siswa. Temuan menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi dan hasil belajar siswa. Lingkungan belajar aktif yang diciptakan oleh model pembelajaran Inkuiri tidak hanya meningkatkan partisipasi siswa tetapi juga memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya metode pengajaran inovatif dalam meningkatkan hasil pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat secara efektif mengatasi masalah keterlibatan siswa dan kinerja akademik yang rendah. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik yang ingin meningkatkan kualitas proses pengajaran dan pembelajaran di pendidikan dasar.







