Pemanfaatan Infrastruktur Publik Penyandang Disabilitas Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Authors

  • Africha Geby Renata UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/cvdke717

Keywords:

Pemanfaatan, Infrastruktur, Disabilitas

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang infrastruktur disabilitas yang bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan infrastruktur publik penyandang disabilitas di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi serta bagaimana fasilitas difabel di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil dan kesimpulan yang menunjukan bahwa sudah ada upaya penyediaan yang dilakukan oleh pihak kampus dalam penyediaan infrastruktur publik kepada penyandang disabilitas. Namun, pemanfaatan infrastruktur yang dilakukan belum sepenuhnya. Hal ini dibuktikan dengan data dan hasil observasi yang diperoleh penulis bahwa terdapat fasilitas yang diperuntukan bagi mahasiswa difabel. Saat ini fasilitas tersebut belum digunakan sesuai fungsinya.

References

Adelina Femita, dkk. (2018). Bagaimana Agar Penyandang Tunadaksa Mampu Menjadi Pribadi Yang Bahagia. Jurnal Sains Psikologi.

Ahmad Zaki (2020) Aksesibilitas Kampus Ramah Difabel. Jurnal Pengabdian Mayarakat Multidisplin, Vol.4, No.2.

Aldilla Reynndha Masadhe, dkk. (2021). Menajemen Pelayanan Kampus Inklusif (Studi Pada Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Administrsi Publik (JIAP).

Amelia Aman Rahmadhania, dkk. (2021). Aksesibilitas Transportasi dan Infrastruktur Bagi Penyandang isabilitas. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniorah.

Datin Inta Baktara dan Wahyu Setyawan (2020). Fasilitas Pendidikan Bagi Anak Tunanetra dengan Pendekatan Indera. Jurnal Sains dan Seni

Eko Murdiyanto ,Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal), Yogyakarta: LP2M UPN "Veteran” Yogyakarta Pers. 2020

Fatma Laili Khorul Nida, (2020). Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Jurnal IAIN Kudus.

Galih Haspari Putri, (2018). Aksesibilitas Difabel Dalam Ruang Publik (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenal Aksesibilitas Difabel Dalam Ruang Publik di Kota Surakarta), Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Irhamni Rahma, dkk. (2023). Evaluasi Layanan Disabilitas Netra Di Universitas Muhammadiyah.

Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol.5, No.1.

Kusuma Wardani Amnesti Sheila. (2022). Implementasi Pemenuhan Hak – Hak Penyandang Disabilitas Menuju Purwoerjo Ramah Difabel. Borobudur Law Riview.

Luluk Nihayati dan Rekta Deskarina (2020). Aksesibilitas Merapi Park World Landark Sebagai Destinasi Yang Ramah Bagi Difabel. LOSARI.

Nur Halizah, dkk. (2020). Pemerolehan Bahasa Ank Berkebutuhan Khusus (Tunarunggu) Dalam Memahami Bahasa. Jurnal Metabasa.

Wijayanto dan Samsudin, Kenyamanan Lift Bagi Kaum Difabel Studi Kasus di R.S Kasih Ibu Surakarta, Jurnal Sinetika, Vol.2, 2017.

Yuli Alfiani Taudah, dkk, (2017). Kesesuaian Pemenuhan Kebutuhan Difabel Tunanetra dan Tunadaksa di Kota Surakarta terhadap Kriteria Kota Ramah Difabel. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif.

Yuniviana Nur Hari Prajalani dan Dwi Aries Himawanto, Aksesiblitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Sukoharjo, (Indonesian Journalof Disability Studies, Vol.04, No.02. 2017

Yusuf. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pemanfaatan Infrastruktur Publik Penyandang Disabilitas Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (2024). Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 3(2), 1-7. https://doi.org/10.30631/cvdke717