Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Anak Tunadaksa
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v3i1.2636Keywords:
Hasil Belajar, Media Gambar, Tematik, ABKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di SLBN Sri Soedewi Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas V Tunadaksa di SLBN Sri Soedewi Jambi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar yang menunjukkan 6 siswa yang mengikuti tes siklus I terdapat 3 siswa mencapai nilai KKM dan 3 siswa belum mencapai nilai KKM dengan rata-rata ketuntatasan hasil belajar sebesar 50%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan dari 6 siswa ada 5 siswa yang mencapai KKM dan masih ada 1 siswa yang belum disebabkan siswa tersebut memiliki ketunaan ganda, nilai ketuntatasan rata-rata pada siklus II yaitu 83,33%.
References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orang tua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi. 5(2), 2549-8959
Astika & Yasa. (2014). Sastra Lisan Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Djamil, M.N. (2013). Anak Bukan untuk DiHukum. Jakarta: Sinar Grafika.
Faisal dan Lova, S.M. (2018). Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Medan: CV. Harapan Cerdas.
Fauziah, K. N. (2022). Pengaruh Kelengkapan Data, Ketelitian, Kecepatan dan ketepatan waktu Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Federal International Finance (SIS) Cabang Batam. Postgraduate Management Journal, 2(1), 40 51.
Iskandar, D. dan Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Cilacap:Ihya Media.
Jailani, M. S. (2013). Kasih Sayang dan Kelembutan dalam Pendidikan. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Jailani, M. S. (2014) Guru Profesional dan Tantangan Dunia Pendidikan. Al-Ta lim Journal
Jailani, M. S. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam.
Kadir, A. dan Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kamsani, S.A., et al. (2018). Pengantar Psikologi.
Karyati, F. (2017). Pengembangan Media Gambar dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. Al-Ulum Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1) 314.
Kurniawan, C.A.D. (2023) Strategi Belajar & Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Journal of Student Research.
Lisdayanti. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2 (1).
Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran tematik di SD/MI: Pengembangan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Samudra Biru.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masganti, S. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Moleong, L.J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2010). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nor, H. (2014). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Oftiana, S. dan Saefudin, A.A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. MaPan, 5(2), Hal. 293–301.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prawira, A.P. (2014). Psiklogi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rubiyanto, R. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP PGSD UMS
Sadiman, A. et al., (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Safwan, A. (2014). Pengantar Psikologi Umum. Banda Aceh: PeNA.
Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikologi. Makassar: Penerbit Aksara Timur.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Syahrizal, H. dan Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Ulfa, R.L. (2022). The Role of Educators in Efforts to Improve the Kinesthetic Intelligence of Early Childhood: A Literature Review.
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual, Audio Visual, Komputer, Power Point, Internet, Interactive Video. Kata Pena.
Winarsih, M. (2017). Pendidikan Integrasi dan Pendidikan Inklusi. Hikmah: Journal of Islamic Studies.
Zainal, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Esi Amelia, M. Syahran Jailani, Rhesti Laila Ulfa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
