Optimalisasi Komunikasi Anak Speech Delay melalui Strategi Penanganan dan Pembelajaran Bahasa
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v3i1.2634Keywords:
keterlambatan bicara, terapi wicara, strategi intervensiAbstract
Perkembangan bahasa pada anak merupakan aspek kritis dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan mereka. Keterlambatan dalam berbicara dapat menjadi isu yang signifikan, memerlukan perhatian yang tepat dari orang tua dan pendidik untuk mencegah serta mengatasi dampaknya. Identifikasi dini terhadap hambatan bicara menjadi kunci penting dalam mengambil tindakan yang tepat. Berbagai metode terapi wicara telah dikembangkan dan diteliti untuk menangani keterlambatan bicara ini, dan analisis terhadap efektivitas mereka menunjukkan hasil yang positif. Selain peran terapi, lingkungan keluarga dan sosial juga memiliki dampak besar dalam mendukung atau menghambat perkembangan bahasa anak. Faktor-faktor seperti genetik, lingkungan rumah, dan interaksi sosial memengaruhi keterlambatan bicara anak secara signifikan. Oleh karena itu, strategi intervensi yang komprehensif, baik di lingkungan klinikal maupun dalam kehidupan sehari-hari, sangat penting untuk membantu anak mengatasi masalah bicara mereka. Melalui tinjauan literatur yang komprehensif, tulisan ini menyajikan gagasan-gagasan penting dalam memahami dan mengatasi keterlambatan bicara pada anak. Dengan mempertimbangkan peran orang tua, pendidik, terapis, dan lingkungan sosial, dapat dirumuskan strategi intervensi yang efektif dan berkelanjutan untuk memfasilitasi perkembangan bahasa yang optimal pada anak-anak. Kesimpulannya, upaya kolaboratif dari berbagai pihak menjadi kunci dalam menangani masalah keterlambatan bicara anak secara holistik.
References
Afandi, N. K. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Bermain Peran: Sebuah Kajian Tindakan Kelas. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 10 (2), 145–154.
https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.22288
Amaliyah, R., & Frety, E. E. (2023). Strategi Penanganan Speech Delay pada Anak: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1665. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i2.3569
Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. https://www.semanticscholar.org/paper/99e56b365ee5899db679f36d043effc5749875c0
Budiarti, E., Rahmani, E., Yusnita, E., Sumiati, C., & Yunaini, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Oral Motor untuk Anak Speech Delay Usia 2-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i10.1417
Damayanti, W. (2014). Model Pembelajaran Remedial Membaca Permulaan dengan Pendekatan Pengalaman Berbahasa pada Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.17509/EDUTECH.V13I3.3084
Friska, S. Y., Supena, A., & Bintoro, T. (2024). Teacher Strategies in Handling Children With Disorders Communication (Case Study at SLB Pulau Punjung Dharmasraya). JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 3(1), 439–444. https://doi.org/10.57235/jetish.v3i1.1857
Fadya, G., Putri, A., Nursarofah, N., Oktaviani, O., & Putri, F. A. (2022). Strategi Penanganan Gangguan Perkembangan Bahasa (Speech Delay) terhadap Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2456
Gloria, R. Y. (2011). Pentingnya Asesmen Alternatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Membaca Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.24235/SC.EDUCATIA.V1I1.502
Habib, Z., & Hidayati, L. (2013). Intervensi Psikologis pada Pendidikan Anak dengan Keterlambatan Bicara. Madrasah, 5(1), 76–93. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2235
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. https://www.semanticscholar.org/paper/bbd8b669a178050b324a5eb4ce3d5fef6abe82a7
Hayati, T., Hidayat, H., & Nuri, N. I. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap-Cakap. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 58–68. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.16
Hidayanah, L. M., Arkam, R., & Muztikasari, R. (2023). Keterampilan Berbahasa AUD. 3(2), 66–72.
Hutami, E. P., & Samsidar, S. (2018). Strategi Komunikasi Simbolik Speech Delay pada Anak Usia 6 Tahun di TK Paramata Bunda Palopo. https://doi.org/10.24256/TUNAS
Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool, https://doi.org/10.18860/PRES.V2I2.12026
Khoiriyah, et.al. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak yang Terlambat Berbicara (Speech Delay). 1(1), 36–45.
Khomsiyatun, U. (2019). Pola Pengembangan Literasi Bahasa pada Anak Studi Kasus di PAUD Wadas Kelir. https://www.semanticscholar.org/paper/dcabdd83a9b09aedf4d8b4b45758d96846362856
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178
Masitoh, M. (2019). Gangguan Bahasa dalam Perkembangan Bicara Anak. Edukasi Lingua Sastra, null, null. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.105
Muyasiroh Rif'atus Sa'idatul, N. H. M. Z. (2018). Terapi Mendongeng untuk Perkembangan Bahasa pada Anak Adzif dengan Speech Delay di RA Fun Islamic School Purworejo. Al Athfal, 1(2), 137–143.
Ni Made Yuniari, & I Gusti Ayu Indah Triana Juliari. (2020). Strategi Terapis Wicara yang Dapat Diterapkan oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran , 4(3), 564–570.
Nursarofah, N., Fadya Amanda Putri, & Okalia Oktaviani. (2022). Strategi Penanganan Gangguan Perkembangan Bahasa (Speech Delay) terhadap Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 126–133. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2456
Oktaviani, K. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Membaca Pemahaman Bahasa Arab.
https://www.semanticscholar.org/paper/41befefd70a9ac37697eb518dbce050d0c6afe67
Palupi, Y. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia. Perkembangan, 14(1), 25–33.
Pratiwi, G. (2018). Perancangan Kampanye "Speech Delayed pada Anak untuk Orangtua di Kota Bandung.” https://www.semanticscholar.org/paper/78c3d128227812cfb3e84527031207a498baf4ef
Pudjiati, D., Harmayanthi, V. Y., & Mawarni, V. (2023). Strategi Guru Mengatasi Speech Delay (Studi Kasus di SD Inklusi). HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 1, 27–33.
Puspitasari, V. I. (2022). Science Project sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Bicara pada Speech Delay Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.993
Rahayu, N. W. S., Kamsiyati, S., & Djaelani. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 21 Premulung Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. https://doi.org/10.20961/KC.V3I3.34558
Rahmah, F., Kotrunnada, S. A., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Penanganan Speech Delay pada Anak Usia Dini melalui Terapi Wicara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99–110. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8279
Ratnasari, D., & Christiana, E. (2015). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi terhadap Kemampuan Berbicara Anak.
https://www.semanticscholar.org/paper/1bfb5ec6e3b2e41ea3bf68d597af9bce238742a4
Sardi, M., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2022). Studi Kasus Strategi dalam Menangani Speech Delay Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1349–1358.
Sri Winarti, R. N. A., Shafa Fitriyani, Anisa Rizqi Rahmatillah, & Lathipah Hasanah. (2022). Evaluasi Speech Therapy dalam Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Speech Delay. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 25–44. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1858
Taqiyah, D. B., & Mumpuniarti, M. (2022). Intervensi Dini Bahasa dan Bicara Anak Speech Delay. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3992–4002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2494
Taseman, T., Safaruddin, S., Erfansyah, N. F., Purwani, W. A., & Femenia, F. F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.519
Utami, R. W., & Wibowo, H. (2023). Evaluasi Program Bina Keluarga Balita (BKB) dengan Perkembangan Anak. KOSALA : Jurnal Ilmu Kesehatan.
https://doi.org/10.37831/kjik.v11i2.295
Wibowo, C. S., Prameswari, I., Mulia, P., Lo, V., Royani, W. A., & Eko, J. (2024). Validasi Flashcard Blaablaablaa sebagai Media Intervensi Gangguan Speech Delay. INDRA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayunda Muthia, Tarisa Suci Putri, Fidrayani Fidrayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
