Analisis Permasalahan Anak Autisme
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v3i1.2633Keywords:
Pendidikan Luar Biasa, Anak AutismeAbstract
Pendidikan luar biasa berarti pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan yang unik dari anak yang memiliki kelainan fisik. Pendidikan luar biasa adalah program pembelajaran yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan unik dari individu anak. Pendidikan merupakan usaha manusia untuk membangun dan membimbing kepribadian sesuai dengan nilai-nilai di masyarakat atau sebagai upaya dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan, pola tingkah laku yang berguna. Anak berkebutuhan khusus ialah anak yang mengalami keterbatasan atau hambatan, baik secara fisik, mental intelektual, sosial, atau pun emosional. Harsya Ceria merupakan sekolah dengan layanan segregasi yang di dalamnya terdapat beberapa anak berkebutuhan khusus berbeda-beda. Dalam melakukan observasi, peneliti fokus pada salah satu anak dengan kelainan autisme. Oleh karena itu, peneliti mencoba meneliti hal tersebut yang bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan pada anak autisme yang ada di PAUD Harsya Ceria. Permasalahan pada anak berkebutuhan khusus tentunya beragam, salah satunya adalah autism. Mereka berhak mendapatkan pendidikan seperti pada anak umumnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data deskriptif dengan melalui wawancara dan observasi. PAUD Harsya Ceria memberikan perhatian dan kebutuhan yang baik pada anak-anak yang mengalami autisme.
References
Armanila, dkk. (2023). Perilaku Anak Autis: Perkembangan dan Penanganan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, Vol. 5 (1).
Khusna, I. (2015). Studi Kasus Penanganan Anak Autis Menggunakan Pendekatan Religi di Pesantren Al-Achsaniyyah di Kabupaten Kudus. Kudus: Fakultas Ilmu Pendidikan Kudus.
Nasution, F., dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Vol. 3 (2).
Pebriana, P. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 (1).
Shalehah, N. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autistic Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3 (2).
Suharsiwi. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: CV Prima Print.
Sunarya, P. B., dkk. (2018). Kajian Penanganan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Abdimas Adi Buana, Vol. 02 (1).
Sutiha, Sriwahyuni, S. R., & Ashari, N. (2023). Analisis Permasalahan Anak Autis di Kelompok B TK Ashabul Kahfi Kota Parepare. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), Hal. 11-18. https://doi.org/10.35905/anakta jurnal piaud iain parepare.v1i1.3301
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syifa Penara, Alfina Alfina, Shinta Delfianti, Hijriati Hijriati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
