Analisis Permasalahan Anak Autisme

Authors

  • Syifa Penara UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Alfina Alfina UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Shinta Delfianti UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Hijriati Hijriati UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.30631/jdsr.v3i1.2633

Keywords:

Pendidikan Luar Biasa, Anak Autisme

Abstract

Pendidikan luar biasa berarti pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan yang unik dari anak yang memiliki kelainan fisik. Pendidikan luar biasa adalah program pembelajaran yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan unik dari individu anak. Pendidikan merupakan usaha manusia untuk membangun dan membimbing kepribadian sesuai dengan nilai-nilai di masyarakat atau sebagai upaya dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan, pola tingkah laku yang berguna. Anak berkebutuhan khusus ialah anak yang mengalami keterbatasan atau hambatan, baik secara fisik, mental intelektual, sosial, atau pun emosional. Harsya Ceria merupakan sekolah dengan layanan segregasi yang di dalamnya terdapat beberapa anak berkebutuhan khusus berbeda-beda. Dalam melakukan observasi, peneliti fokus pada salah satu anak dengan kelainan autisme. Oleh karena itu, peneliti mencoba meneliti hal tersebut yang bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan pada anak autisme yang ada di PAUD Harsya Ceria. Permasalahan pada anak berkebutuhan khusus tentunya beragam, salah satunya adalah autism. Mereka berhak mendapatkan pendidikan seperti pada anak umumnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data deskriptif dengan melalui wawancara dan observasi. PAUD Harsya Ceria memberikan perhatian dan kebutuhan yang baik pada anak-anak yang mengalami autisme.

References

Armanila, dkk. (2023). Perilaku Anak Autis: Perkembangan dan Penanganan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, Vol. 5 (1).

Khusna, I. (2015). Studi Kasus Penanganan Anak Autis Menggunakan Pendekatan Religi di Pesantren Al-Achsaniyyah di Kabupaten Kudus. Kudus: Fakultas Ilmu Pendidikan Kudus.

Nasution, F., dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Vol. 3 (2).

Pebriana, P. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1 (1).

Shalehah, N. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autistic Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 3 (2).

Suharsiwi. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: CV Prima Print.

Sunarya, P. B., dkk. (2018). Kajian Penanganan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Abdimas Adi Buana, Vol. 02 (1).

Sutiha, Sriwahyuni, S. R., & Ashari, N. (2023). Analisis Permasalahan Anak Autis di Kelompok B TK Ashabul Kahfi Kota Parepare. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), Hal. 11-18. https://doi.org/10.35905/anakta jurnal piaud iain parepare.v1i1.3301

Downloads

Published

2024-08-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Permasalahan Anak Autisme. (2024). Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 3(1), 1-11. https://doi.org/10.30631/jdsr.v3i1.2633