Efek Perlakuan dan Pola Asuh Orangtua pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Lambat Bicara
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v2i2.2168Keywords:
Perlakuan Orangtua, Sosial Anak Lambat bicaraAbstract
Anak usia dini yang lambat bicara memerlukan perlakuan kusus dan perhatian lebih dari orang tua agar dapat meningkatkan perkembangan sosial anak di lingkungan keluarga dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan efek perlakuan orangtua pada perkembangan sosial anak usia dini yang lambat bicara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah dua keluarga yang memiliki anak disabilitas yang lambat dalam berbicara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa efek perlakuan orangtua yang baik dengan tidak membedakan anak yang mengalami lambat dalam bicara dengan anak yang normal dapat meningkatkan perkembangan sosial anak di lingkungan keluarga dan masyarakat, sedangkan orangtua yang memberikan perlakuan yang kurang baik dengan membedakan antara anak yang mengalami lambat bicara dengan anak yang normal menjadikan perkembangan sosial anak rendah pada lingkungan keluarga dan masyarakat. Selain itu motivasi orangtua untuk memberikan pendidikan yang sama kepada anak yang lambat bicara dengan anak yang normal mempengaruhi sikap dan perkembangan sosial anak itu sendiri, dimana dengan pemberian pendidikan yang sama kepada anak yang normal dan anak yang lambat bicara menjadikan anak dapat menerima perintah orang tua dengan baik dan memiliki emosional yang stabil.
Downloads
References
Astrida. (2020). Peran dan Fungsi Orangtua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emotional Anak. Kemenag.go.id, 1(1), 4.
Baskoro, & Danang. (2019). Menjadi Lebih Baik (parent healing). Elex Media Komputindo.
Desliyane, R. L., Florentianus, T., & Maryati, B. (2019). Pengaruh Peran Orangtua Pada Terapi Wicara Terhadap Kemampuan Bicara Pada Anak Penderita Autis di SDK STA. Maria Assumpta Dan Pusat Layanan Autis Naimata Kota Kupang. CHM-K Applied Scientific Journal, 2(1), 42.
Dewi, F., & Solina. (2020). Digitas Parenting Terhadap Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal JIC, 6(1), 34–45.
Djamarah, & Bahri, S. (2014). Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Rineka Cipta.
Erisamdy, P. (2020). Pengertian Orang Tua. Keluarga, 1(1), 12.
Euis. (2014). Mengasuh Anak Dengan Hati. PT Elex Media Komputindo.
Hadas, D., & Adi, S. (2013). Parental Authority Styles Of Parents With Atlention Defict Disorders (ADD). Jurnal Of Social Science, 1(6), 44.
Hasan, & Maimunah. (2010). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Diva Press.
Hurlock. (2010). Perkembangan Anak II. Erlangga.
Longkuntoy, & Nathanja. (2015). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkar Kabupaten Minahara. Jurnal Eblomedik, 3(1), 94.
Margono, S. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Nurindah, F. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Orangtua Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Prasekolah (4-5 Tahun). Journal Awladi, 6(2), 45–56.
Sugiono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Viandari, Kadek, D., Susilawati, & Kadek, P. A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua dan Penggunaan Gedget Terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasan Syahrizal, Nurhafizah, Ika Panggih Wahyuningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.