Efektivitas Pelatihan Bahasa Isyarat bagi Dosen dan Tenaga Pendidik di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v2i1.1803Keywords:
efektivitas, pelatihan, bahasa isyaratAbstract
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menyelenggarakan pendidikan tinggi inklusi dengan pendekatan transintegrasi ilmu dan moderasi Islam. Hal ini terbukti dengan adanya Pusat Kajian Disabilitas Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Jambi yang konsentrasi dan merancang beberapa kegiatan untuk mempermudah kegiatan di kampus bagi mahasiswa, dosen, dan pegawai disabilitas. Oleh sebab itu, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Jambi meraih rangking 13 dari 125 perguruan tinggi dunia pada Unesa-Dimetric Awards 2022 sebagai kampus ramah disabilitas. Untuk efektivitas pembelajaran, terdapat beberapa mahasiswa, dosen, dan pegawai yang mengikuti pelatihan bahasa isyarat. Bahasa Isyarat merupakan bahasa yang berlandaskan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir. Bahasa isyarat biasa digunakan oleh komunitas Tuli untuk berkomunikasi. Selain itu, bahasa isyarat juga merupakan alat komunikasi bagi penggunanya untuk mengidentifikasi diri dan memeroleh informasi. Pelatihan bahasa isyarat yang diikuti oleh perwakilan dari kampus ialah bahasa isyarat Indonesia (Bisindo). Bisindo merupakan bahasa isyarat yang dalam pengembangannya didukung oleh salah satu lembaga donatur dari Jepang yang melibatkan Chinese University of Hong Kong dan Universitas Indonesia. Perlunya fasilitas dan ragam komunikasi bagi disabilitas tuli merupakan ujung tombak terlaksananya pendidikan tinggi inklusi di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Salah satu tujuan dari program ini adalah untuk memberikan akses informasi dan komunikasi khususnya bagi teman tuli.
References
Ahmed, N. (2013). Paralympics 2012 legacy: accessible housing and disability equality or inequality?. Disability & Society, 28(1), 129-133.
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala, 2007, Komunikasi Massa (Suatu
Pengantar), Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Baran, Stanley J, 2012, Pengantar Komunikasi Massa Jilid 1 Edisi 5,
Jakarta: Erlangga.
Cianjur.pikiran-rakyat.com. (2019). Minimnya Fasilitas untuk Difabel Sulitka Akses Sarana dan Pelayanan. Retrieved Oktober 10, 2020, from https://cianjur.pikiran-rakyat.com/lokal-cianjur/pr-05323512/minimnya-fasilitas-untuk-difabel-sulitkan-akses-sarana-dan-pelayanan
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unpad, 2(2).
Legowo, R.S., 2017. Klasifikasi Gerakan Tangan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) Menggunakan Leap Motion dengan Metode Klasifikasi Naive Bayes (Undergraduate). Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Muzayanah, U. (2016). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Keji Ungaran Jawa Tengah. Penamas, 29(2), 121-226.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sophia Rahmawati, Husin Husin, Ahmad Fikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
