Penerapan Bahasa Isyarat dalam Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v2i1.1764Abstract
Artikel ini membahas tentang penerapan Bahasa isyarat dalam pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tuna rungu. Pendekatan dan desain penelitian yaitu kualitatif deskriptif, Penelitian ini dilakukan di SLBN Prof. Sri Soedewi Maschun Sofwan. SH. Kota Jambi pada kelas 5 B. subjek penelitian orang yaitu berjumlah 2 orang guru, kepala sekolah dan siswa berjumlah 4 orang, Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Uji keterpercayaan data dilakukan dengan cara yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif dan membercheck. Hasil penelitian yaitu. Penerapan bahasa isyarat sudah diperkenalkan sejak kelas 1 pada tahap selanjutnya masih belajar dan tidak aktif menggunakan bahasa isayarat pada kelas 4 sampai kelas 6 baru penggunan bahasa isyarat aktif dilaksanakan. Bahasa isyarat yang digunakan adalah SIBI dan Bisindo. Faktor pendukungnya yaitu, keaktifan guru dan siswa menggunakannya dalam pembelajaran, faktor penghambatnya yaitu keterbatasan kemampuan guru yang juga masih tahap belajar, background pendidikan guru yang beraneka macam, Kemampuan siswa yang kurang respons dan fokus. Siswa lebih sering menggunakan bahasa isyarat alamiah dari pada yang formal.
References
Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (2016). KKBI Online. Kemendikbud RI.
Hanifa. (2023). Mengenal 2 Bahasa Isyarat Tangan di Indonesia. Lengkap dengan Contoh Kata Sehari-Hari! 99.Co. https://berita.99.co/bahasa-isyarat-di-indonesia-contoh-kata/
Hasna. (2022). Hari Disabilitas Internasional 2022; Catatan Dosen UNESA tentang Pendidikan Inklusif di Indonesia. Www.Unesa.Ac.Id. https://www.unesa.ac.id/hari-disabilitas-internasional-2022-catatan-dosen-unesa-tentang-pendidikan-inklusif-di-indonesia
Isma, M. L. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Di Slb Untuk Anak. 18003145. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/ag2qf
Larenjana, E. (2022). Jenis-Jenis Anak Berkebutuhan Khusus, Lengkap dengan Penjelasannya. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jatim/jenis-jenis-anak-berkebutuhan-khusus-beserta-ciri-cirinya-baca-lebih-lanjut-kln.html
Merdeka Mengajar. (n.d.). Alokasi waktu mata pelajaran SDLB. 846(25). https://drive.google.com/file/d/10Z4pp1e9MtIFljIi9DFJPUp-31Q3Y0ML/view
Moleong, L. J. (2013). Penelitian Kualitataif. Remaja Rosdakarya.
Novrizaldi. (2022). Pemerintah Wajib Penuhi Hak Pendidikan Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas. In Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-wajib-penuhi-hak-pendidikan-inklusif-bagi-penyandang-disabilitas
Nugroho, I. S., Luvita, W. F., & Muh. Hanif, M. H. (2021). METODE PEMBELAJARAN TEMATIK DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNARUNGU. Mozaic : Islam Nusantara, 7(1), 93–106. https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i1.178
Raita Gina Aprilina. (2023). Struktur Kurikulum Refisi SDLB, SMPLB, SMALB. SCRIBD. https://www.scribd.com/document/319935017/Struktur-Kurikulum-Refisi-SDLB-SMPLB-SMALB#
Rapisa, D. R. (2021). Sisitem Komunikasi Anak dengan Hambatan Pendengararan (1st ed.). deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Komunikasi_Anak_Dengan_Hambatan_P/uNBBEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=cara+komunikasi+dengan+komunitas+tuli&pg=PA69&printsec=frontcover
RI, U. P. (2016). Undang-Undang RI No. 8 Tahun 2016 Tentang Penandang Disabilitas. https://pug-pupr.pu.go.id/_uploads/pp/uu. no. 8 th. 2016.pdf
Satori, D. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Alpabeta.
Sismono, H. R. (2022). Mengenal Kehidupan Penyandang Disabilitas (M. A.Elwa (ed.); 1st ed.). Nuansa Cendikia. https://www.google.co.id/books/edition/Mengenal_Kehidupan_Penyandang_Disabilita/ThafEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=cara+komunikasi+dengan+komunitas+tuli&pg=PA65&printsec=frontcover
Sosial, B. H. M. K. (2020). Kemensos Dorong Aksesibilitas Informasi Ramah Penyandang Disabilitas. KEMENSOS RI. https://kemensos.go.id/kemensos-dorong-aksesibilitas-informasi-ramah-penyandang-disabilitas
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Dan R & D (Revisi). Alfabeta.
Supriyanto, A. (2012). Peran Pengasuhan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Aktivitas Olahraga. Proceeding Seminar Nasional, 1. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132300163/penelitian/PERAN+PENGASUHAN+ORANGTUA++ANAK+BERKEBUTUHAN+KHUSUS+DALAM+AKTIVITAS+OLAHRAGA+SEMNAS+3-5+DES+2012.pdf
Susanti, A. (2015). Jenis-Jenis Pendidikan Luar Biasa. Okezone. https://edukasi.okezone.com/read/2015/12/03/65/1260354/jenis-jenis-sekolah-luar-biasa
Wicaksono, A. (2018). Tuli, Tuna Rungu atau Tuli? Pusat Studi Individu Berkebutuhan Khusus Universitas Sanata Dharma. https://www.usd.ac.id/pusat/psibk/2018/04/20/tunarungu/
Wikepidia, T. (2022). Kamus Besar bahasa Indonersia (Daring). Wikipiedia Ensiklopedi Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_isyarat
Winarsih, S., Jamal's, H., Asiah, A., Idris, F. hadi P., Adnan, E., Prasojo, B., Tan, I., Mashuri, A. A., Safrizal, & Majid, S. (2013). Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (Orang tua, Keluarga dan masyarakat). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/b3401-panduan-penanganan-abk-bagi-pendamping-_orang-tua-keluarga-dan-masyarakat.pdf
Winarsih, S., Jamal'si, H., Asiah, A., Idris, F. H., Adnan, E., Prasojo, B., Tan, I., Masyhuri, A. A., Syafrizal, Madjid, S., Hasnul, N., Riyanto, A., Bunawan, L., Rukiyah, C., & Sembada, I. K. (2013). Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (Orang tua, Keluarga dan Masyarakat. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/b3401-panduan-penanganan-abk-bagi-pendamping-_orang-tua-keluarga-dan-masyarakat.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 siti mariah ulfah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
