Okupasi Terapi dalam Penanganan Kasus Gangguan Perkembangan pada Anak Autis
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v1i2.1587Keywords:
Okupasi Terapi, Anak AutisAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses okupasi terapi dalam penanganan ganguan perkembangan pada anak autis di Pusat Layanan Autis Provinsi Jambi, kendala, dan upaya yang diberikan oleh terapis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan peneliti, diperoleh hasil dan kesimpulan: pertama, okupasi terapi dalam penanganan ganguan perkembangan apada anak autis pada saat proses terapi berlangsung, seperti kurangnya keordinator dan keseimbangan pada anaka, gerak tubuh anak dan kontak mata yang kurang fokus. Kedua, kendala yang dihadapi pada saat terapi ialah faktor lingkungan yang kurang baik karena faktor lingkungan juga sangat berperan penting pada penanganan ganguan perkembangan pada anak autis. Faktor makanan juga berperan penting terhadap anak autis sistem syarafnya akan tergangu apabila makanan yang dikonsumsi kurang sehat, ini akan mengakibatkan ganguan pada perkembangan pada anak autis. Ketiga, ialah upaya yang dilakukan ialah menggunakan terapi okupasi supaya lebih cepat dalan penanganan ganguan perkembangan pada anak.
References
Achmad, C. dan Hamidah, T.L. (2012). Efektivitas terapi bermain sosial untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sosial bagi anak dengan gangguan autism. Jurnal Ilmiah. http://Journal.unair. ac.id.
Dewi, R. dkk. (2018) Pengalaman Orang Tua dalam Mengasuh Anak Autis. Jurnal Psikologi.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Jurnal Humanika.
Faza, Y.A. (2021). Perbedaan Efektivitas Metode Tell-Show dan Terapi Okupasi dalam Penerapan Protocol Kesehatan Selama Pandemic Covid 19 pada Penyandang Retardasi Mental Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Stikes Bhakti Husada Muha Madiun.
Hasnita, E. dan Hidayati, T.R. (2015). Terapi Okupasi Perkembangan Motorik Halus Anak Autisme. Jurnal Iptek Terapan.
Hidayati, E.R.N, dkk. (2018). Penatalaksaan Okupasi Terapi dalam Aktivitas Menggunakan Beha dengan Konsep Bobath pada Pasien Strok Hemipares Sinistra. Jurnal Vokasi Indonesia.
Iwasil, A., dkk. (2019). Perancangan Interior Pusat Terapi Okupasi Penderita Skizofrenia. Jurnal Intra
Julianti, T. D. (2019). Penanganan Ganguan Komunikasi pada Anak: Studi Kasus di Autis Centre Kata Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Mahdalena, R., dkk. (2020). Melatih Motorik Halus Anak Autis melalui Terapi Okupasi. Jurnal Ortopedagogia, Vol. 6 No 1.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi, N. P. S. (2010). Gambaran Asuhan Keperawatan Pemberian Terapi Okupasi Aktivitas Menggambar untuk Mengatasi Ganguan.
Putri, W.A. (2018). Pengaruh Terapi Okupasi terhadap Tingkat Depresi pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda. Skripsi. Samarinda: Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur.
Raharjo, F., dkk. (2021). Nonverbal Communication Behavior Of Autistic Children In The Therapy Process At The Center Jambi Province Autism Service. Proceeding ICIIS and ICESTIIS.
Rahayu. F. (2014). Kemampuan Komunikasi Anak Autis dalam Interaksi Sosial Kasus Anak Autis di Sekolah Inklusi SD Negeri Giwanangan Kotamadya Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ridwan dan Bangsawan, I. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jambi: Anugrah Pratama Press.
Ridwan dan Bangsawan, I. (2021). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jambi: Anugrah Pratama Press.
Ridwan dan Astuti, D. (2021). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jambi: Anugrah Pratama Press.
Ridwan dan Astuti, D. (2021). Konsep Metodologi Penelitian bagi Pemula. Jambi: Anugrah Pratama Press.
Ridwan dan Fadlan, A. (2022). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jambi: Anugrah
Pratama Press.
Ritonga, S. A. dan Hasibuan, E. J.. (2016). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Autis. Jurnal Simbolika.
Siregar, U.R. (2022). Efektivitas Terapi Okupasi pada Kemandirian Anak Autis di PLA Centre Autis Batam Kepulauan Riau. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.
Suteja, J. (2014). BentukMetode Terapi terhadap Autism Akibat Bentukan Perilaku Sosial. Jurnal Edueksos,Vol. 3 No. 1.
Utari, L. dkk. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. Jurnal of Education and Instrumen, Vol. 3, No.l.
Wicaksono, G., dkk. (2018). Penata Laksanaan Okupasi Terapi Menggunakan Behavior Modification dalam Aktivitas Menyikat Gigi pada Kasus Keterbatasan Intelektual. Jumal Vokasi Indonesia.
Yusria, dkk. (2020). Bina Wicara Application and Communication Engineering of Toward Autism Children. The 5th Annual Applied Science and Engineering Conference (AASEC 2020).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Salmah Asriani, Ridwan Ridwan, Indra Bangsawan, Astri Hanjarwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
