Pendidikan Ramah Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Ramah Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v1i1.1332Keywords:
Pendidikan ramah anak, pembelajaran dan guru humanis.Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap konsep pendidikan ramah anak. Dimana, pendidikan mestinya harus mengutamakan kebutuhan dan kepentingan anak sebagai manusia yang terindah dan mulia dengan karakteristi yang unik. Proses pendidikannya harus diselenggarakan secara bermartabat dan manusiawi. Salah satu upaya pendidikan ramah anak di sekolah ialah dengan cara melalui perbaikan proses pembelajaran yang mengedepankan pembelajaran yang humanis, hal ini didukung berbagai konsep dan wawasan baru tentang proses pembelajaran di sekolah seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru yang humanis merupakan kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran yang ramah anak, membimbing siswa, memotivasi siswa, menghargai kelebihan dan kekurangan siswa, membangkitkan dan menggali potensi siswa, pengembangan dan memandukan siswa ke arah kedewasaan baik mental maupun spritual adalah wujud dari pendidikan ramah anak..
References
Abdurrahman, M. (1998). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. dan Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anonim. (2006). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Diknas.
Arikunto, S. (1990). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Bimbingan Teknis Penyusunan Kurikulum Mata Pelajaran MIPA Siswa Cerdas Istimewa. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa.
Dharmayanti, S. dan Lubis, B. U. (2004). Aspek-Aspek dalam Bimbingan Konseling Bagi siswa Akselerasi. (Ed. Reni Akbar-Hawadi). Jakarta: Gramedia.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M.S.P. (2010). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hawadi, R.A. (2004). Perspektif Psikologis Program Akselerasi bagi Anak Berbakat Akademik, Jakarta: Gramedia.
Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Addin, Vol. 7, No. 1.
Junaedi, E. (2002). Konsep dan Penerapan Program Akselerasi. Artikel BPK Penabur. No.1 Thn XXIX. Diakses pada tanggal 5 April 2022 dari http://www1.bpkpenabur.or.id/kps-jkt/berita/200201/aksela.pdf.
Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lubis, U. L. (2004). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Program Akselerasi di SLTP dan SMU Lab School. (Ed.: Reni Akbar Hawadi). Jakarta: Gramedia.
Meier, D. (2002). The Accelerated Learning (Terjemahan Rahmani Astuti). Bandung: Kaifa.
Mukhtar, dkk. (2002). Pendidikan Anak Bangsa Pendidikan untuk Semua. Jakarta: Nimas Multima.
Munandar. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Nasichin (2004). Kebijakan Pemerintah dalam Pembinaan Sekolah Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. (Ed.Reni Akbar Hawadi), Jakarta: Gramedia.
Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. Jurnal Sosio Didaktika, Vol. 1, No. 1.
Sardiman, AM. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
S. Nasution. (2003). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
S. Nasution. (1995). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, M. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Widyastono, H. Sistem Percepatan Kelas (Akselerasi) Bagi Siswa yang Memiliki Kemampuan dan Kecerdasan Luar Biasa. Diakses pada tanggal 20 April 2022 dari: https:/www/pdk.go.id/balitbang/ Publikasi/Jurnal/No.026/Sistem Percepatan
Yamin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yusuf, M., dkk. (2003). Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maimunah Permata Hati M.Si

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
