Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.30631/jdsr.v1i2.1331Keywords:
Pendidikan Inklusi, implementasi dan pendidikan islamAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap konsep pendidikan inklusif khususnya dalam pandangan islam. Dimana Pendidikan Inklusi dari sudut pandang format dan model penyelenggaraan pendidikan bukanlah suatu hal yang mustahil jika diselenggarakan di lembaga-lembaga pendidikan Islam formal seperti di sekolah-sekolah umum maupun madrasah, bahkan tidak tertutup kemungkinan diterapkan di pesantren-pesantren yang menyelenggarakan pengajian-pengajian kitab kuning. Hanya saja bukan suatu hal yang mudah untuk mengawali karena pada prakteknya tentu saja banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan, sehingga ketika model pendidikan Inklusi ini betul-betul diterapkan mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Pendidikan Inklusif maka perlu kiranya masalah ini diperhatikan dan dipahami sebaik-baiknya. Setelah pemahaman lebih lanjut maka sebaiknya diterapkan dalam aktual di lapangan yang sesuai dan terarah. Dan untuk para pemangku kebijakan sebaiknya harus mengetahui semua hal yang menyangkut tentang pendidikan Inklusif baik secara individu maupun lembaga, agar suatu lembaga pendidikan bisa saling bekerja sama dengan baik dan menjaga kebersamaan agar apabila terjadi masalah dapat diselesaikan dengan baik-baik tanpa harus mengganggu proses Administrasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lias Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Dissability Studies and Research (JDSR) is published under the terms of Creative Commons Attribution 4.0 International License / Attribution - Non Commercial-Share Alike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify and obtain these materials for any purpose, as long as they give credit to the author for the original copyright.
