Gen Z's Impulse Buying Behavior of Skincare Product: The Role of FOMO, Celebrity Endorser and Hedonism
DOI:
https://doi.org/10.30631/iltizam.v8i2.2776Kata Kunci:
Fear of Missing Out (FOMO), Celebrity Endorser, Hedonism, Impulsive Buying, Generasi ZAbstrak
Fear of Missing Out (FOMO) merupakan fenomena yang saat ini banyak terjadi di kalangan Generasi Z berupa rasa takut akan ketertinggalan dengan pengalaman yang dirasakan oleh lingkungan sosialnya, yang sering kali memicu perilaku pembelian impulsif demi mengikuti tren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara Fear of Missing Out (FOMO) dan celebrity endorser terhadap impulsive buying dengan hedonisme sebagai variabel mediasi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan korelasional dengan teknik pengumpulan data dengan cara survei melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk google form kepada konsumen Generasi Z produk skincare di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan non probability sampling, secara spesifik menggunakan metode purposive sampling, dan melibatkan total 110 responden sebagai sampel. Penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FOMO berpengaruh terhadap impulsive buying pada konsumen Generasi Z terhadap produk skincare di Kota Malang baik secara langsung maupun tidak langsung melalui hedonisme sebagai mediasi. Sedangkan celebrity endorser tidak berpengaruh secara langsung terhadap impulsive buying pada konsumen Generasi Z terhadap produk skincare di Kota Malang, tetapi secara tidak langsung melalui hedonisme sebagai mediasi. Selain itu, hedonisme berpengaruh terhadap impulsive buying pada konsumen Generasi Z produk skincare di Kota Malang.
Referensi
Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2020). ). Sindrom Fear of Missing Out Sebagai Gaya Hidup Generasi Milenial di Kota Depok 1. Jurnal Riset Mahasisw Dakwah Dan Komunikasi, 2(4), 166–177.
Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2018). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications (10th ed.) (10th ed.). Cengage Learning.
Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131.
Arbaiah, M., Pandjaitan, D. R., & Ambarwati, D. A. S. (2022). Pengaruh Dimensi Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif pada Situs Marketplace Shopee. Reviu Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.35912/rambis.v2i1.1477
Ardiantari, M., & Wicaksana, S. A. (2019). Pengaruh Big Five Personality Trait dan Sikap tentang Celebrity Endorser terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Remaja Putri Pengguna Instagram. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, 1–12.
Ascasaputra, A., & Arimbi, K. P. (2022). Analisis Pembelian Impulsif pada Marketplace pada Masa Pandemi COVID 19. Management Insight: Jurnal, 17(2), 187–201.
Azzahra, L., & Nursholehah, N. (2022). The Effect of Using Celebrity Endorser on Consumer Impulse Buying Behavior (Survey on Scarlett Body Whitening in Bandung City, Indonesia). International Journal Administration, Business and Organization (IJABO) |, 3(2), 70–82. https://ijabo.a3i.or.id
Bailey, E. R., Matz, S. C., Youyou, W., & Iyengar, S. S. (2020). Authentic Self-Expression on Social Media is Associated with Greater Subjective Well-Being. Nature Communications, 11(1), 4889. https://doi.org/https://doi.org/10.1038/s41467-020-18539-w
Batra, R., & Keller, K. L. (2016). Integrating Marketing Communications: New Findings, New Lessons, and New Ideas. Journal of Marketing, 80(6), 122–145.
Bramantya, Y., & Jatra, I. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3).
Candela, E. (2024). Gen Z Menghabiskan Lebih Banyak untuk Produk Kecantikan Dibandingkan Milenial. Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/jelita/691289/gen-z-menghabiskan-lebih-banyak-untuk-produk-kecantikan-dibandingkan-milenial
Çelik, I. K., & Eru, O. (2019). The Effects of Consumers' FOMO Tendencies on Impulse Buying and The Effects of Impulse Buying on Post-Purchase Regret: an Investigation on Retail Stores. Broad Research In Artificial Intelligence And Neuroscience, 10(3), 124–138.
Deliana, S. R., Afifah, N., Listiana, E., & Shalahuddin, A. (2024). The Influence of Fear of Missing Out (Fomo) and Hedonism on Online Impulse Buying in Generation Z Shopee Users with Subjective Norm and Attitude as Mediation Variables. Journal of Management Science (JMAS), 7(1), 206–2016.
Donavan, T., Minor, M. S., & Mowen, J. C. (2016). Consumer Behavior. Chicago: Chicago Business Press.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2016). Consumer Behavior. Orland Florida: The Dryden Press.
Febriawan, A. R. (2024). Perlu Waspada Bikin Boncos ! FOMO : Membuat Gaya Hidup Milenial dan Gen Z Menjadi Boros. RadarJogja.JawaPos.Com. https://radarjogja.jawapos.com/lifestyle/654364613/perlu-waspada-bikin-boncos-fomo-membuat-gaya-hidup-milenial-dan-gen-z-menjadi-boros,
Fumar, M., Setiadi, A., Harijanto, S., Tan, C., & Correspondence Author, J. (2023). The Influence of Fear of Missing Out (FOMO), Sales Promotion, and Emotional Motive Mediated Self-Control on Impulsive Buying for Hypebeast Products. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(3), 1363–1375. https://doi.org/10.24815/jr.v6i3.33581
Good, M. C., & Hyman, M. R. (2020). Fear of Missing Out': Antecedents and Influence on Purchase Likelihood. Journal of Marketing Theory and Practice, 28(3), 330–341. https://doi.org/10.1080/10696679.2020.1766359
Hair Jr., J. F., M. Hult, G. T., M. Ringle, C., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7
Handayani, E. S., & Haryadi, R. (2023). Korelasi Kepribadian Fear of Missing Out terhadap Adiksi Impulsive Online Buying di Masa Pandemi pada Anak dan Remaja. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3). https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.439
Harahap, M. I., Soemitra, A., & Nawawi, Z. M. (2023). Analysis of The Effect of Fear of Missing Out (FOMO) and The Use of Paylater Application on Impulse Buying Behavior (Review of Maqashid Syariah). Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 67. https://doi.org/10.24123/jmb.v22i2.682
Haryani, S. D., Syaf, A., & Fadhli, M. (2022). Hubungan Gaya Hidup Hedonis dengan Kecenderungan Impulsive Buying pada Remaja. ANFUSINA: Journal of Psychology, 5(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/ajp.v5i1.14018
Indrabayu, A., & Destiwati, R. (2022). The Influence of Intrapersonal Communication and Fear of Missing Out on Hedonism in Generation Z in Denpasar. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 4). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Katan, K. (2023). Fenomena FOMO pada Generasi Z. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/kaylakatan5737/651b7a1cff9c8a76ba6edef2/fenomena-fomo-pada-generasi-z
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.). Jakarta: In Pearson Education.
Lestari, F. A., & Hayadi, I. (2024). Hedonic Behavior in Shopee Live Shopping: Social Media Marketing, Celebrity Endorser, and E-WOM on Impulse Buying. Manajemen Dan Bisnis, 23(1), 120–136.
Levina, G. (2023). Fenomena Keresahan Gen Z: Takut Terlihat Tua. Tirto.Id. https://tirto.id/fenomena-keresahan-gen-z-takut-terlihat-tua-gThv
Liu, C., Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). Celebrity Endorsement and Impulsive Buying Intentions in Social Commerce-The Case of Instagram in Indonesia: Celebrity Endorsement. Journal of Product & Brand Management, 29(6), 783–801.
McGinnis, P. . (2020). Fear of Missing Out: Tepat Mengambil Keputusan di Dunia Yang Menyajikan Terlalu Banyak Pilihan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Muharam, G. M., Sulistiya, D., Sari, N., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). The Effect of Fear of Missing Out (FOMO) and Peer Conformity on Impulsive Buying in Semarang City Students (Study on TikTok Shop Consumers) Consumers). Experimental Student Experiences, 3(4), 687–695. https://doi.org/10.58330/ese.v1i8.277
Parmar, Y., Mann, B. J. S., & Ghuman, M. K. (2020). Impact of Celebrity Endorser as in Store Stimuli on Impulse Buying. The International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, 30(5), 576–595.
Prastika, E. (2018). Pengaruh Selebgram Endorsement terhadap Perilaku Konsumtif Remaja untuk Melakukan Pembelian Produk Emina di Kota Mataram. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6), 251–266.
Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) 2023. Tasikmalaya: CV. Lentera Ilmu Madani.
Safitri, K., & Yoga, S. (2023). Perbedaan Perilaku Belanja Online: Gen Z FOMO, Milenial Lebih Stabil. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2023/12/07/161758426/perbedaan-perilaku-belanja-online-gen-z-fomo-milenial-lebih-stabil#google_vignette
Sakti, D. P. B., Mulyono, L. E. H., & Brigita, D. S. (2023). Pengaruh Selebgram Endorsement terhadap Perilaku Konsumtif Remaja untuk Melakukan Pembelian Produk Emina di Kota Mataram. Jurnal Riset Pemasaran, 2.
Santoso, H. A. (2024). 7 Rekomendasi Toko Kosmetik di Malang (Terlengkap dan Murah). Wisatakula.Com. https://wisatakula.com/7-rekomendasi-toko-kosmetik-di-malang-terlengkap-dan-murah-7500
Santoso, I. H., Widyasari, S., & Soliha, E. (2021). Fomsumerism : Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption dengan Memanfaatkan Fear of Missing Out Konsumen. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 159–171. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i2.230
Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2021). Celebrity Vs. Influencer Endorsements in Advertising: The Role of Identification, credibility, and Product Endorser Fit in Leveraged Marketing Communications. London: Routledge.
Sen, S., & Nayak, S. (2021). Moderating Role of Cultural Values on the Relationship Among Hedonism, Materialism, and Impulse Buying : A Conceptual Framework. Indian Journal of Marketing, 51(1), 26. https://doi.org/10.17010/ijom/2021/v51/i1/156932
Shabrina, S. D., & Utami, L. S. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser terhadap Impulsive Buying Behavior Konsumen (Studi Pada Kolaborasi BTS Meal di Indonesia). In Prologia, 6(2).
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2020). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
Shuba, S., Marc, V. A., & Koen, P. (2010). Mind-Set Metrics in Market Response Models: an Integrative Approach. Journal of Marketing Research, 47(4), 672–684. https://doi.org/10.1509/jmkr.47.4.672
Sisiplus.katadata.co.id. (2024). Gen Z Disebut Cenderung Impulsif Belanja Skincare. https://sisiplus.katadata.co.id/berita/gaya-hidup/815/gen-z-disebut-cenderung-impulsif-belanja-skincare
Sumarwan, U. (2011). Riset Pemasaran dan Konsumen: Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Persepsi Risiko. Bogor: IPB Press.
Utami, C. (2010). Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Utami, Y., Kendaga, J. A. F., Diantoro, A. K., & Kusmantini, T. (2021). The Influence of Hedonistic Motives, Fashion Interest, and Positive Emotions on The Impulsive Buying of Fashion Products with Sales Promotion as Moderating Variables. International Journal of Applied Business and International Management, 6(3), 56–69. https://doi.org/10.32535/ijabim.v6i3.1329
Watang, K. C. C., & Miswanto, M. (2022). Mood Management as Mediator in Consumer Motivation and Impulsive Buying Relationship. KINERJA, 26(1), 137–150. https://doi.org/10.24002/kinerja.v26i1.5543
Zhang, J., Jiang, N., Turner, J. J., & Pahlevan-Sharif, S. (2022). The Impact of Scarcity on Consumers' Impulse Buying Based on The S-O-R Theory. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.792419
Zhu, Y. Q., Amelina, D., & Yen, D. C. (2022). Celebrity Endorsement and Impulsive Buying Intentions in Social Commerce-The case of Instagram in Indonesia: Celebrity Endorsement. In Research Anthology on Social Media Advertising and Building Consumer Relationships, 1401–1419.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







