Korelasi Festival Tanggal Kembar Shopee Terhadap Perilaku Impulsive Buying Gen Z Kecamatan Ngabang
DOI:
https://doi.org/10.30631/iltizam.v8i1.2505Kata Kunci:
Tanggal kembar, gen z, impulsive buyingAbstrak
Maraknya penggunaan platform e-commerce memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satunya adalah Shopee, adapun strategi pemasaran yang dilakukan dengan mengadakan festival tanggal kembar. Fenomena ini dapat memicu perilaku impulsive buying terutama Gen Z. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat korelasi antara festival tanggal kembar yang digelar oleh Shopee terhadap perilaku impulsive buying khususnya Gen Z di Kecamatan Ngabang. Metode penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan perhitungan menggunakan program SPSS versi 29. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan kepada 100 orang responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan adanya korelasi antara festival tanggal Shopee terhadap perilaku impulsive buying pada Gen Z di Kecamatan Ngabang. Diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, dengan nilai pearson correlation 0,554 yang artinya derajat hubungan kedua variabel dalam kategori sedang. Bentuk hubungan kedua variabel adalah positif, yang mana semakin sering Shopee mengadakan festival tanggal kembar maka semakin tinggi pula perilaku impulsive buying pada Gen Z di Kecamatan Ngabang.
Referensi
Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh media sosial terhadap impulse buying pada generasi millenial. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 428-433.
Aslichati, L. Prasetyo, B. Irawan, P. 2022. Metode Penelitian Sosial. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Aswin, A., Rafiq, M., Pratama, Y. A., & Septiana, R. (2022, August). Perilaku Online Impulse Buying pada Marketplace Shopee. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 81-90).
Aulia, S. N., Nugraha, I. S., Nazya, A. F., Marcelino, M. D., Prehanto, A., & Purwaamijaya, B.
M. (2023). Korelasi Event Tanggal Kembar Terhadap Daya Minat Beli Masyarakat di Shopee. Cemerlang: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 141-148.
Dharmmesta, Basu Swastha. 2022. Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Indrawan, B., Nurmita, N., Nengsih, T. A., Utami, W., Nasrudin, D., Tanti, T., Deliza, D., Ferawati, R., Syafitri, R., & Santoso, P. (2022). The Influence of Attitude and Need for Cognition on Student's Purchase Intention Behavior on Halal Food: Schools Clustering Perspective. Indonesian Journal of Halal Research, 4(1), 26–34. https://doi.org/10.15575/ijhar.v4i1.13092
Nasution, E. Y., Indria, T., & Febriaty, H. (2022). Dampak Social Commerce Pada Perilaku Impulse Buying Generasi Z. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 22(2), 214-221.
Pangemanan, M. J., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Online Impulse Buying Konsumen e-commerce Generasi Z di Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).
Putri, N. E., & Ambardi, A. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Dan Promo Tanggal Kembar Terhadap Impulse Buying. Jurnal Bintang Manajemen, 1(3), 282-294.
Rafidah, R. (2023). Indonesian islamic bank return on assets analysis: Moderating effect of musyarakah financing. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 7(2), 200–216. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jie/article/view/20310%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jie/article/download/20310/10813
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Sholihin, M., Shalihin, N., & Addiarrahman. (2023). the Scale of Muslims' Consumption Intelligence: a Maqčá¹£id Insight. ISRA International Journal of Islamic Finance, 15(2), 98–118. https://doi.org/10.55188/ijif.v15i2.544
Simamora, Bilson. 2019. Pemasaran Strategik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suci, D. M., Akramiah, N., & Subagio, D. P. W. (2024). Peran Special Event dan Penggunaan Paylater Terhadap Impulse Buying pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal EMA, 8(2), 190-200.
Sugiyono. 2021. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumarwan, Ujang. 2022. Perilaku Konsumen. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Yunita,
E. (2023). Pengaruh Iklan Tanggal Kembar Di Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 8(2)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







