Adopsi Ekonomi Sirkular: Peran Mediasi Sikap dalam Model TPB (Theory of Planned Behavior)
DOI:
https://doi.org/10.30631/iltizam.v8i1.2281Kata Kunci:
Adopsi Ekonomi Sirkular, Mediasi Sikap, Theory of Planned Behavior, PLS-SEMAbstrak
Studi ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan tentang adopsi ekonomi sirkular di pedesaan dengan menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) sebagai kerangka dasar. Melalui model konseptual yang dikembangkan, studi ini mengeksplorasi peran mediasi sikap masyarakat terhadap adopsi ekonomi sirkular, dengan memperluas variabel sikap melibatkan dimensi peduli maslahah sebagai aspek ekonomi syariah, keyakinan, dan pengetahuan. Dengan mengumpulkan data dari 200 responden menggunakan Simple Random Sampling di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, hasil analisis menggunakan Partial Least-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian ini mengungkapkan bahwa keyakinan dan pengetahuan memainkan peran sentral dalam membentuk sikap individu terhadap adopsi ekonomi sirkular yang sesuai dengan prinsip ekonomi syariah. Kurangnya efek mediasi sikap antara peduli maslahah sebagai aspek ekonomi syariah, keyakinan, pengetahuan terkait adopsi ekonomi sirkular menunjukkan bahwa kesadaran terhadap manfaat praktik tersebut belum sepenuhnya mendorong perilaku ekonomi yang berkelanjutan. Penelitian ini menyoroti bahwa pengetahuan menjadi kekuatan paling kuat, memotivasi perubahan perilaku ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan dampak positif lintas dimensi. Studi ini memberikan kontribusi pionir dalam literatur, membuka wawasan terhadap interaksi kompleks antara sikap masyarakat dan perilaku ekonomi sirkular di pedesaan.
Referensi
Afandi, A., Fadhillah, A., & Sari, D. P. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan E-Wallet Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Journal of Social Science Research, 1(2), 568–577.
Ahadis, H. (2023). Model Tata Kelola Pertambangan Berkelanjutan Di Provinsi Lampung. In Journal of Engineering Research. Universitas Lampung.
Aji, R. R. (2019). Pengembangan Pariwisata Alam Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 16(2), 9–17. https://doi.org/10.29313/jpwk.v16i2.5240
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Alfakihuddin, M. L. B., Zakiyyah, N. H., & Praditha, O. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Ramah Lingkungan dalam Merebut Pasar di Era Circular Economy. Seminar Teknologi, Akuntansi, Bisnis, Ekonomi, Dan Komunitas 6 (STABEK 6), 6(6), 13–19.
Alfarizi, M. (2023). Determinasi Adopsi Ekonomi Sirkular, Model Bisnis Inovatif Dan Dukungan Anggaran Negara: Investigasi Umkm Indonesia Berbasis Pls-Sem. Jurnal BPPK, 16(1), 37–56.
Amalia, E. R. N., Febriyanti, F., Setiawan, K. A., Sabrina, M., Pradana, S. A., Lestari, V., & Winarningsih, W. (2021). Peran Serta Warga Negara Muda Pada Kegiatan Kemanusiaan. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(9), 315–325. https://doi.org/10.56393/decive.v1i9.505
Amanah, N. (2018). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja keuangan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Gender and Development, 120(1), 0–22. http://www.uib.no/sites/w3.uib.no/files/attachments/1._ahmed-affective_economies_0.pdf%0Ahttp://www.laviedesidees.fr/Vers-une-anthropologie-critique.html%0Ahttp://www.cairn.info.lama.univ-amu.fr/resume.php?ID_ARTICLE=CEA_202_0563%5Cnhttp://www.cairn.info.
Anis Choriroh. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, dan Norma Subjektif Terhadap Keputusan pembelian Produk Berlabel Halal Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, i–139.
Antasari, D. W. (2020). Implementasi Green Economy Terhadap Pembangunan Berkelanjutan Di Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 80–88. https://doi.org/10.35906/jep01.v5i2.402
Arifin, P., & Ardhiansyah, N. N. (2020). Penerapan Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan Dalam Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal Di Yogyakarta. Jurnal Nomosleca, 6(1). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i1.3958
Bappenas. (2020). Ekonomi Sirkular untuk Pertumbuhan Ekonomi Jangka Panjang. Bappenas.Go.Id. https://www.bappenas.go.id/id/berita/ekonomi-sirkular-untuk-pertumbuhan-ekonomi-jangka-panjang
Bellis, P., Magnanini, S., & Verganti, R. (2023). Dialogue for strategy implementation: how framing processes enable the evolution of new opportunities. Journal of Knowledge Management. https://doi.org/10.1108/JKM-01-2023-0064
Dewi Fatmala Putri, & Syakur, A. (2023). Integrasi Konsep Dan Aplikasi Dalam Menentukan Perilaku Konsumsi Dalam Kegiatan Ekonomi Muslim. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 182–190. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i2.1935
Fahmi, S. (2018). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Kepercayaan terhadap Niat Konsumen dalam Melakukan Transaksi E-Commerce, melalui Sikap sebagai Variabel Intervening. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(1), 86. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i1.21
Faozen, F., & Hadi Jatmiko. (2022). Studi Potensi Desa Wisata Sidomulyo Jember Sebagai Alternatif Pembangunan Berkelanjutan. Journal of Tourism Destination and Attraction, 10(2), 181–190. https://doi.org/10.35814/tourism.v10i2.3716
Fasa, A. W. H. (2021). Aspek Hukum Dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Mengenai Ekonomi Sirkular Dalam Rangka Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 10(3), 339–357. https://doi.org/10.1016/j.
Guarango, P. M. (2022). Kebijakan Dalam Penyelesaian Sengketa Dampak Lingkungan Hidup Oleh PLTU Cilacap Perspektif Mas{lah{ah Mursalah. In ×”×רץ (Issue 8.5.2017). Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109(August 2019), 101–110. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.069
Handayani, M. A., Amalia, C., & Sari, T. D. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM Batik di Lampung). Asia-Pacific Education Researcher, 27(5), 409–418. https://doi.org/10.1007/s40299-018-0399-9
Hidayah, N. Y., Herzanita, A., & Rimantho, D. (2021). Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Jakarta, Indonesia. Jurnal Teknologi, 13(2), 171–178.
Hidayat, A. R. (2023). Ekonomi Sirkular : Lingkungan Terjaga Ekonomi Tumbuh. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(6), 31–34.
Humaira, N. (2021). Analisis Perilaku Pemilahan Sampah Berdasarkan Theory Ofplanned Behavior Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 18–41. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.794
Ihsan Rambe. (2022). Literasi Keuangan, Islamic Branding, dan Religiusitas Melalui Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).
Kusumo, D., & Afandi, R. (2020). Recovery of State Losses Through the Economic Analysis of Law Approach. Indonesian Journal of Innovation Studies, 13, 1–12. https://doi.org/10.21070/ijins.v25i.981
Laela. (2022). Pengaruh Kemasan Ramah Lingkungan, Gaya Hidup, Kepercayaan Hijau Terhadap Sikap Pada Produk Hijau, Niat Beli Yang Baik Dan Perilaku Pembelian Hijau.
Larasati, A. F., & Santoso, E. B. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Transisi Ekonomi Sirkular Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kota Surabaya. Jurnal Penataan Ruang, 18, 9. https://doi.org/10.12962/j2716179x.v18i1.17229
Larasati, A., Hati, S. R. H., & Safira, A. (2018). Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Sikap dan Intensi Konsumen Muslim untuk Membeli Produk Kosmetik Halal. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 105–114. https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.7459
Latif, A. (2022). Potensi Pengelolaan Limbah Ternak Sapi Berbasis Circular Economy Di Kabupaten Bandung Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Muhamad, M. (2021). Ekonomi Sirkular Berpotensi Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru. Greeners.Co. https://www.greeners.co/berita/potensi-lapangan-kerja-baru-ekonomi-sirkular/
Mulyani, R., Savitri, C., Faddila, S. P., Iswari, R., Anam, C., Syah, S., Sihombing, R., Kismawadi, R., Pujianto, A., Mulyati, A., Astuti, Y., Adinugroho, W. C., Imanuddin, R., Kristia, A., Nuraini, M., & Tirtana, S. (2021). Statistik Multivariat dalam Rise. www.penerbitwidina.com
Nabil Al Arif, & Imsar. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Norma Subjektif, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN SU Medan Pengguna Electronic Money dengan Pengendalian Diri sebagai Moderasi Nabil. Journal Of Islamic Education Management, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.47476/manageria.v4i1.2293
Nunu, A. (2022). Konsep Ekonomi Sirkular Dukung Penanganan dan Pengelolaan Sampah. Ppid.Menlhk.Go.Id. http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/6982/konsep-ekonomi-sirkular-dukung-penanganan-dan-pengelolaan-sampah
Nuraini, P. (2022). Dampak Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Terhadap Keberadaan Program Badan Usaha Milik Desa. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Priliantini, A., Krisyanti, K., & Situmeang, I. V. (2020). Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID)
DOI: 10.31504/komunika.v9i1.2387. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(1), 40. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.2387
Purwanti, I. (2021). Konsep Implementasi Ekonomi Sirkular dalam Program Bank Sampah (studi kasus: keberlanjutan bank sampah Tanjung). AmaNu: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 4(1), 89–98. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/amn/article/view/40/55
Purwanto, A., Asbari, M., & Santoso, T. I. (2021). Analisis Data Penelitian Marketing: Perbandingan Hasil antara Amos, SmartPLS, WarpPLS, dan SPSS Untuk Jumlah Sampel Besar. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 216–227. https://ijospl.org/index.php/ijospl/article/view/64
Purwanto, A., Asbari, M., Santoso, T. I., Haque, M. G., & Nurjaya. (2019). Marketing research quantitative analysis for large sample: comparing of Lisrel, etrad, GSCA, Amos, SmartPLS, WarpPLS, and SPSS. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik, 9(2), 355–372. https://ojs.unm.ac.id/iap/article/view/22803
Purwanto, A., Asbari, M., Santoso, T. I., Sunarsi, D., & Ilham, D. (2021). Education Research Quantitative Analysis for Little Respondents. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 335–350. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1326
Rahayu, A., & Isa, M. (2023). Analisis Pengaruh Pengetahuan , Religiusitas , Dan Norma Subyektif Terhadap Sikap Pemudi Muslim Dalam Niat Beli Produk Kosmetik Halal (Studi Kasus Di Solo Raya). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(April), 2461–2472.
Rahmayani, D., Yuliani, R., Kristanti, N. R., Marpaung, G. N., Supriyadi, A., & Nuurfauzi, M. (2022). Peningkatan Kapabilitas Green Economy Dalam Pengembangan Desa Wisata Sebagai Upaya Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 171. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.36289
Rakhmadi, T., Subekti, A. T., & Pratiwi, A. (2022). Gambaran Pengetahuan Tentang Circular Economy Pada Mahasiswa Stikes Bhamada Slawi. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 13(2), 70–73.
Ramaiska, A. D. (2022). Analisis Environmental Awareness Dalam Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Menurut Perspektif Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Salim, A. R. (2022). Digitalisasi Ekonomi Sirkular di Indonesia. CAPACITAREA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pancasila, 2(3), 118–123. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/amn/article/view/40/55
Saputri, O. R. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Pencemaran Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Natar. In Library Universitas Lampung.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., Cheah, J. H., Ting, H., Moisescu, O. I., & Radomir, L. (2020). Structural model robustness checks in PLS-SEM. Tourism Economics, 26(4), 531–554. https://doi.org/10.1177/1354816618823921
Savila, L. (2021). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi Aparat Pemerintah, Dan Kepatuhan Regulasi Terhadap Akuntabilitas Kinerja. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue 2).
Setiaman, S. (2021). Software SMART-PLS. Smart Pls 3.
Sholihah, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Norma Subyektif, Keyakinan Label Halal Terhadap Brand Attitude Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Ice Cream Magnum. Upajiwa Dewantara, 2(2), 112–124. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.2021
Simon, H. A. (Herbert A., Augier, M., & March, J. G. (2004). Models of a man : essays in memory of Herbert A. Simon. MIT Press.
Sudrajat, A. A., & Azib. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Journal of Economics and Business UBS, 12(2), 1036–1048. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i2.200
Sugandini, D., Sukarno, A., Effendi, M. I., Kundarto, M., Rahmawati, E. D., & Arundati, R. (2020). Perilaku Konsumen Pro-Lingkungan. Zahir Publishing.
Syarif Agustin, A. E., & Rianingrum, C. J. (2021). Pendekatan Ekonomi Sirkular Dalam Pemikiran Desain Sebagai Materi Pendidikan Desain Untuk Pembangunan Keberlanjutan. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 2(1), 93–106. https://doi.org/10.25105/jsrr.v2i1.10100
Tampubolon, M. P. (2020). Change Management Manajemen Perubahan : Individu, Tim Kerja Organisasi. In Bogor; Mitra Wacana Media.
Theodoridis, T., & Kraemer, J. (n.d.). Memilih Pekerjaan Dalam Tegangan Ekspektasi dan Perbandingan Sosial. Universitas Islam Indonesia.
Triani, R., & Novani, S. (2023). Menciptakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Value Co-Creation Dalam Akuakultur Darat di Indonesia. TheJournalish: Social and Government, 4(5), 292–308.
Wirawan, R., Mildawati, T., & Suryono, B. (2022). Determinan Pengambilan Keputusan Investasi Berdasarkan Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Dan Perilaku Heuristik. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(1), 43–57. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i1.5163
Yadav, S. S., Kar, S. K., & Rai, P. K. (2022). Why do consumers buy recycled shoes? An amalgamation of the theory of reasoned action and the theory of planned behaviour. Frontiers in Environmental Science, 10(October), 1–16. https://doi.org/10.3389/fenvs.2022.1007959
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







