Peran Pengrajin Songket Dalam Meningkatkan Pendapatan Sektor Ekonomi Kreatif ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam
DOI:
https://doi.org/10.30631/iltizam.v7i2.2072Kata Kunci:
creative economy, songket craftmen, incomeAbstrak
Ekonomi kreatif dapat merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan berbasis kreativitas yang berperan untuk menghasilkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan penerimaan hasil ekspor, menambah kekayaan intelektual, dan peran sosial lainnya. Salah satu jenis ekonomi kreatif yaitu pengrajin songket yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi produk yang dibuat dan dihasilkan oleh tenaga pengrajin mulai dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya. Namun, dalam kegiatan ekonomi kreatif pengrajin songket merasakan adanya kesenjangan sosial dalam ekonomi yang tidak sejahtera selama puluhan tahun menekuni tenun songket. Hal tersebut membuat pengrajin songket yang ada di kota Palembang untuk ikut berperan dalam menciptakan produk dengan kreativitasnya sendiri agar produk yang dihasilkan lebih menarik konsumen, serta hasil dari kreativitas dapat membawa pengaruh terhadap pendapatan yang diterimanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran ekonomi kreatif untuk meningkatkan pendapatan pengrajin songket ditinjau dari perspektif etika bisnis islam. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi yang semua data-data tersebut akan dianalisa secara induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran ekonomi kreatif yang dilakukan oleh para pengrajin songket yang ada di kota Palembang yaitu (1) Meningkatkan inovasi baru yang diinginkan konsumen agar produknya tidak tertinggal sesuai dengan perkembangan zaman, (2) Meningkatkan pendapatan, (3) Berkontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja baru. Kegiatan kreatif dalam pengrajin songket menggunakan prinsip etika bisnis Islam dalam hal mengelola, merawat, menguntungkan satu sama lain, dan bertanggung jawab denga apa yang dikerjakan.
Referensi
Antara, K. A. & A. L. P. (2016). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Denpasar Barat. Urnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5, 1270.
Arifianti, R. & A. M. B. (2017). Aktivasi Sub-Sektor Ekonomi Kreatif di Kota Bandung. Jurnal AdBispreneur, 2, 204–205.
Arifin, J. (2008). Dialektika Etika Islam dan Etika Barat Dalam Dunia Bisnis. Millah: Jurnal Studi Agama, 145–168.
Azis, A. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam Implementasi Etika Islami Untuk Dunia Usaha. Alfabeta. .
Badrudin, R. & S. B. (2015). The evaluation of the implementation of regional autonomy in Indonesia. . Economic Journal of Emerging Markets, 7 (1), 1–11. http://jour nal.uii.ac. id/ index.php/ JEP/article/view/4257.
Baidowi, A. (2016). Etika Bisnis Perspektif Islam. Jurnal Hukum Islam.
Benghozi, P. J. , & P. T. (2014). The cultural economy in the digital age: A revolution in intermediation? City, Culture and Society. 7 (2), 75–80. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ccs.2015.12.005
Bertacchini, E. , & S. G. (2015). ntroduction: Culture, sustainable development and social quality: A paradigm shift in the economic analysis of cultural production and heritage conservation. City, Culture and Society. 7 (2), 69–70. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ccs.2015.12.007
Cahyani Muis, A. R. (2019). Ekonomi Kreatif Indonesia dalam Dinamika Perdagangan Internasional. CV Budi Utama.
Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.
Darmawati. (2013). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam : Eksplorasi Prinsip Etis Al Qur'an Dan Sunnah. Mazahib, 11(1). https://doi.org/doi:10.21093/mj.v11i1.118.
Firdaus, M. (2019). Penerapan Etika Bisnis Dalam Melakukan Transaksi Penjualan di Pasar Tradisional Kota Langsa Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam. Al - Muamalat. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 4, 75–100.
Greffe, X. (2016). From culture to creativity and the creative economy: A new agenda for cultural economics. City, Culture and Society. 7 (2), 71–74.
Haryanti, N. , & W. T. (2019). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Pd Pasar Tradisional Pancasila Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah, 4, 2.
Iskandar. (2017). Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1, 129.
Juliyani, E. (2016a). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura , VII, 65.
Juliyani, E. (2016b). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura. 7 (1), 63–74.
Marzuqi, A. Y. , & L. A. B. (2010). Manajemen Laba Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 7, 1.
Misnawati, T. (2016). Makna Simbolik Kain Songket Sukarara Lombok.” Skripsi Universitas Negeri Sumatera Universitas Negeri Yogyakarta, Prodi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni. 54.
Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. Sage Publication. .
Munawaroh, M. dkk. (2016). Kewirausahaan (1st ed.). LP3M UMY.
Nur Azizah, S. dan M. (2017). Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Pandanus Handicraft dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17, 66.
Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia (1st ed.). Ziyad Visi Media.
Suwartawan, K. & P. (2017). Pengaruh Modal dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Melalui Produksi Pengrajin Patung Kayu di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6, 1633.
Suwartawan, K. dan P. (2017). Pengaruh Modal dan Bahan Baku Terhadap Pendapatan Melalui Pengerajin Patung Kayu di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6, 1633.
Syafiq, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 96–113.
Try Astuti, R. (2022). Etika Bisnis Islam (Kasus-Kasus Kontemporer) (1st ed.). IAIN Parepare Nusantara Press .
Ulhaq, D. D., & Enrico, E. (2022). Transformasi Penggunaan Kain Songket Palembang Pada Dunia Fashion Indonesia. Folio, 3(2). https://journal.uc.ac.id/index.php/FOLIO/article/view/3484
Viatra, A. W. & T. S. (2014). Seni Kerajinan Songket Kampoeng Tenun di Indralaya, Palembang. Jurnal Ekspresi Seni, 16, 169.
Wijayanti, F. (2019). Transformasi Bentuk Estetik Kain Songket Palembang Dalam Memenuhi Permintaan Pasar. Universitas Negeri Semarang .
Zamzam, H. F., & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Deepublish.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







