persepsi generasi millenial terhadap produk lembaga keuangan perbankan syariah di kota jambi
persepsi generasi millenial terhadap produk lembaga keuangan perbankan syariah di kota jambi3
DOI:
https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1081Kata Kunci:
Preference, islamic banking, Jambi, perceptionAbstrak
Penelitian ini merujuk pada masyarakat Kota Jambi khususnya generasi millenial, generasi milenial dianggap sebagai generasi pertengahan yang secara usia telah matang dan melek terhadap perkembangan teknologi sehingga diharapkan dapat mewakili pandangan masyarakat di Kota Jambi. Penelitian ini melihat pengaruh persepsi dan preferensi generasi milenial terhadap produk lembaga keuangan perbankan syariah serta bagaimana persepsi dan preferensi generasi milenial dalam menentukan produk lembaga keuangan perbankan syariah. Observasi awal ditemukan fakta bahwa hampir 90% masyarakat di Kota Jambi khususnya generasi millenial memiliki rekening pada bank konvensional. Kualitas layanan dan promosi menjadi salah satu faktor penting dalam mengubah persepsi dan preferensi generasi millenial terhadap produk lembaga keuangan perbankan syariah. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kuantitatif, menggunakan analisis regresi linear berganda, jumlah responden 150 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa persepsi dan preferensi memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial dan simultan. Hasil Angket yang disebarkan terhadap generasi milenial mengungkapkan bahwa kurangnya informasi yang didapat oleh generasi milenial terhadap produk dan layanan lembaga keuangan dan kurang memadainya fasilitas ATM dan EDC saat berbelanja, sehingga hal yang dapat mengubah persepsi dan preferensi generasi milenial terhadap lembaga keuangan syariah ialah selalu melakukan sosialisasi, tingkatkan kualitas layanan dan memberikan informasi terhadap produk perbankan syariah serta memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi di era digital saat ini.
Kata Kunci :
Persepsi, Preferensi
3
Referensi
Akbar, H., & Ritonga, H. D. H. (2013). Persepsi Etnis China Terhadap Perbankan Syariah di Kota Medan. Ekonomi Dan Keuangan, 1(2).
Amalia, R. Y., & Fauziah, S. (2018). Perilaku Kosumen Milenial Muslim Pada Rsto Bersertifikat Halal di Indonesia: Implementasi ReoriPrilaku Terencana Azjen. JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 3(2).
Ariani, D. (2007). Persepsi masyarakat umum terhadap bank syariah di Medan [Master's Thesis].
DeVaney, S. A. (2015). Understanding the millennial generation. Journal of Financial Service Professionals, 69(6).
Doraisamy, B., Shanmugam, A., & Raman, R. (2011). A Study on Consumers Prefrerences of Islamic Banking Products and Services in Sungai Petani. Academic Research International, 1(3), 290.
Imran, I., & Hendrawan, B. (2017). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 209–218.
Ismail, M., & Lu, H. S. (2014). Cultural values and career goals of the millennial generation: An integrated conceptual framework. Journal of International Management Studies, 9(1), 38–49.
BPS, 2021. Jambi Dalam Angka. (2021, April 28). Kota Jambi. https://jambikota.go.id/new/dokumen-daerah/jambi-dalam-angka-2
Janwari, Y. (2015). Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 20150.
Khotibul, U., & Utomo, S. B. (2016). Perbankan Syariah (Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, Januari.
Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2021. (n.d.). Retrieved August 6, 2022, from https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Pages/Laporan-Perkembangan-Keuangan-Syariah-Indonesia-2021.aspx
Manggu, S. A. R. (2018). Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Bank Syariah di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat.
Rahmawaty, A. (2014). Pengaruh persepsi tentang bank syariah terhadap minat menggunakan produk di BNI Syariah Semarang. Jurnal Addin, 8(1).
Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati. Equilibrium, IV, 1, 43–61.
Sabri, N. A. A. (2016). The Relationship between the Level of Financial Literacy and Investment Decision-Making Millennials in Malaysia. A Contemporary Business Journal, 6, 39–47.
Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Maliyah, 1(1
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







