Determinan Pengetahuan dan Persepsi Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa HES IAIN BATUSANGKAR)

Penulis

  • Muhammad Deni Putra UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Elimartati - UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Rizal Fahlefi UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Sitri Nofrita Sari UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i1.1075

Kata Kunci:

Knowledge, interest in saving, perception

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menguji bagaimana pengetahuan mahasiswa tentang produk Bank Syariah, untuk mengetahui persepsi mahasiswa sendiri tentang minat menabung di bank syariah dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan dan persepsi mahasiswa jurusan HES tentang minat menabung di Bank Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan metode kuantitatif, kemudian dideskripsikan dan disajikan melalui kalimat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh, ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan mahasiswa jurusan HES dengan minat menabung di bank syariah. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai thitung sebesar 3,722 > ttabel = 1,671, sedangkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, artinya secara parsial variabel pengetahuan (X1) memiliki hubungan positif yang sangat kuat dengan minat menabung (Y). Sedangkan pada variabel persepsi, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa jurusan HES dengan minat menabung di bank syariah. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai thitung sebesar 1,903 > ttabel = 1,671, sedangkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,061 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, artinya secara parsial tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel persepsi (X2) terhadap minat menabung. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara persepsi dengan minat menabung.

Referensi

Bakhtiar, Amsal. 2004. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Iska, Syukri. 2012. Sistem Perbankan Syariah di Indonesia dalam Perspektif Fikih Ekonomi. Yogyakarta: Fajar Media Press.
Ismail. 2011. Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saputra Hendrik, Anwar. 2019. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Program Studi Non Ekonomi Islam Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Surabaya: Jurnal Ekonomi. Vol. 2 No. 1.
Muhammad. 2002. Lembaga Keuangan Kontemporer. Yogyakarta: UII Press.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Rivai Veithzal, dkk. 2011. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarwono, Sarlito. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.
Solso, Robert L. 2008. Psikologi Kognitif Edisi ke 8. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R@D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono, Suparlan. 2005. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Ar, Rus.
Sumar'in. 2012. Konsep Kelembagaan Bank Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutedi, Adrian. 2009. Perbankan Syariah. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Syafwar, Fadhilah. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.

Diterbitkan

2022-06-25

Cara Mengutip

Deni Putra, M., -, E., Fahlefi, R., & Nofrita Sari, S. . (2022). Determinan Pengetahuan dan Persepsi Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa HES IAIN BATUSANGKAR). ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(1), 76-85. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i1.1075