PENEGASIAN TARTĪB AL-MUSHĀFI DALAM GAGASAN ANGELIKA NEUWIRTH
DOI:
https://doi.org/10.30631/tjd.v23i1.459Keywords:
: Angelika Nuewirth, Pra-Kanonisasi, Post-KanonisasiAbstract
Penelitian ini mengulas pemikiran Angelika Neuwirth yang melihat Al-Qur’an era pra-kanonisasi dan post-kanonisasi. Argumen Neuwirth disandarkan kepada kekhawatiran dehistorisasi Al-Qur’an setelah proses kodifikasi, yang menyebabkan unsur historis Al-Qur’an menjadi kurang menonjol. Neuwirth menegaskan bahwa lahirnya proses komunikasi dengan karakter drama yang kental melahirkan Al-Qur’an, sehingga ketika konteks berubah, Al-Qur’an tetap relevan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan metode kualitatif dengan kajian yang berfokus kepada Angelika Neuwirth, penelitian ini menegaskan bahwa; Neuwirth menawarkan solusi pembacaan yang berbasis pada kerangka kronologis, dengan mempertimbangkan konteks historis dan komunikatif. Neuwirth juga mengkaji struktur mikro surat Al-Qur’an, serta menghubungkan dengan teks-teks lain dari periode Late Antiquity, dan menekankan pemahaman Al-Qur’an sesuai dengan konteks. Model pembacaan Neuwirth berusaha menghidupkan kembali historisitas Al-Qur’an, telah mengakibatkan pergeseran dari model pembacaan yang berfokus pada susunan mushaf Utsmani disebabkan oleh pendekatan Neuwirth yang menggunakan kerangka historis tartīb al-nuzūlī, dan menganggap tartīb al-mushāfī sebagai bentuk penyusunan yang terburu-buru dan hasil ijtihad sahabat yang dipengaruhi oleh kondisi politik saat itu. Neuwirth terlalu berfokus pada linguistik dan sejarah hingga mengabaikan aspek spiritual dan pandangan tradisional Islam. Keterlibatan Newuirth yang minim dengan komunitas Islam juga menjadi perhatian, serta dalam menggunakan berbagai disiplin ilmu, hasilnya perlu dikonsistenkan dan divalidasi agar tidak terlalu subjektif.
References
Abid Al-Jabiri. Fahm Al-Qur’an Al-Hakim. Beirut: Daar Al-Kitab Al-Islami, 2009.
Adlim, Fauzul. “Teori Munasabah Dan Aplikasinya Terhadap Al-Qur’an.” Al-Furqan Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 1 (2018): 14–30.
Agustono, Ihwan. “Karakteristik Kesarjanaan Barat Kontemporer Dalam Studi Al Qur’an.” Disertasi, 2018.
———. “Pendekatan The Qur’anic Milieu Dalam Studi Alqur’an (Telaah Pemikiran Angelika Neuwirth Dalam The Qur’an In Context: Historical And Literary Investigations Into The Qur’anic Milieu).” Al- Hikmah 8, No. 2 (2022): 202–13. Doi:Https://Doi.Org/10.30651/Ah.V8i2.14897.
Aini, Adrika Fitrotul, And Asep Nahrul Musadad. “Konteks Late Antiquity Dan Analisis Struktur Mikro Sebagai Counter Atas Skeptisisme Orisinalitas Teks Al-Qurâ€Tman Refleksi Atas Pemikiran Angelika Neuwirth.” Suhuf 10, No. 1 (2017): 173–92. Doi:10.22548/Shf.V10i1.249.
Al-Biqa’i, Ibrahim Bin Umar Bin Hasan Ar-Ribath Bin Ali Bin Abi Bakrin. Nadzm Ad-Duror Fii Tanasub Al-Ayat Wa As-Suwar. Kairo: Daar Al-Kitab Al-Islami, N.D.
Al-Hamdani, M F. “Kajian Sarjana Barat Terhadap Al-Qur’ān: Studi Pemikiran Angelika Neuwirth.” Repository.Uinjkt.Ac.Id. Uin Syarif Hidayatullah, 2022. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/66082.
Al-Zarqāni, Abd Al-‘Azhīm. Manāhil Al- ’Irfān Fi “Ulum Al-Qur”An. Bairut: Dar Ihya Al-Kutub Al-‘Arābiyah, 2015.
Angelika Neuwirth, “Form And Structure Of The Qur‘An" Dalam ’Encyclopaedia Of The Qur’an”,Ed. Jane D. Mcauliffe, Neuwirth, “Referentiality And Textuality".” Leiden: E. J. Brill, 2002.
Angelika Neuwrith. ―Von Rezitationstext Uber Die Liturgie Zum Kanon: Zu Entstehung Und Wiederauflosung Der Surenkomposition Im Verlauf Der Entwicklung Eines Islamischen Kultus‖ Dalam Stefan Wild, The Qur‟An As Text. London: E. J Brill, 1996. Https://Doi.Org/10.1163/9789004452169_007.
———. Structure And The Emergence Of Community. Oxford: Blackwell Publishing, 2006.
Angelika Neuwrith, Nicola Sinai, Michael Marx. The Qur’an In The Context; Historical And Literary Investigations Into The Qur’anic Milieu. Vol. 6. Leiden: Brill Boston, 2010. Https://Brill.Com/Edcollbook/Title/11399?Language=En.
As-Suyuthi, Jalaluddin. Tanasuq Ad-Duror Fii Tanasub As-Suwar. Kairo: Daar Al-Fadhilah, 2002.
Az-Zarkasyi, Badruddin Muhammad Bin Abdullah. Al-Burhan Fii Ulum Al-Qur’an. Beirut: Daar Al-Fikr, 2009.
Azyyati, Fadhilah Idzni. “Tartib Al-Nuzul Dan Implikasinya Terhadap Penafsiran (Studi Kitab Al-Tafsir Al-Hadis| Karya Izzat Darwazah) Skripsi.” Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.
Darwazaħ, Muḥammad Azzat. “At-Tafsir Al-Hadist Tartib Ashuar Hasba An-Nuzul.” Kairo: Dar Al Kutub Al-Alamiyah, 1964.
Fajri, Muhammad. “Pemikiran Al-Qur’an Angelika Neuwirth Dalam Structure And The Emergency Of Community.” Jurnal Al-Wajid 2, No. 1 (2021): 303–18.
———. “Pemikiran Al-Qur’an Angelika Neuwirth Dalam Structure And The Emergency Of Community.” Al-Wajid 2, No. 1 (2021): 303–18. Doi:: 10.30863/Alwajid.V2i1.1667.
Fiina, Lien Iffah Naf’atu. “Membaca Metode Penafsiran Al-Qur’an Kontemporer Di Kalangan Sarjana Barat (Analisis Pemikiran Angelika Neuwirth).” Jurnal Ulumuna 18 (2014): 269–86.
Hendri, Ari. “Problematika Teori Munasabah Al-Quran.” Tafsere 7, No. 1 (2019): 81–101.
Ibnu Kathir. Tafsir Al-Qur’an Al-Adhim. Damaskus: Dar Ibn Kathir, 2006.
Jalal Al-Din Al-Suyuthi. Lubab Al-Nuqul Fi Asbab Al-Nuzul. Kairo: Dar Al-Kutb Al-Islamiyyah, 2016.
Jane Dammen Mcauliffe, Barry D. Walfish, Joseph W. Goering. With Reverence For The Word: Medieval Scriptural Exegesis In Judaism, Christianity, And Islam. London: Oxford University Press, 2010. Doi:978-0-19975575-2.
Lien Iffah Naf’atu Fina. “Membaca Metode Penafsiran Al-Qur’an Kontemporer Di Kalangan Sarjana Barat Analisis Pemikiran Angelika Neuwirth.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 18, No. 2 (2014): 269–86.
Muhammad Ali As-Sobuni. “Al-Tibyan Fī ʻulūm Al-Qurʼān.” Jakarta: Dar Al Kutub, 2011.
Murni, Dewi. “Kaidah Munasabah.” Jurnal Syahadah Vii (2019).
Muttaqin, And Moh. Agung Pambudi. “Kritik Orientalis Dalam Aspek Ontologis Studi Al-Qur ’ An.” Jurnal Al-Adabiya 17, No. 2 (2022): 187–200.
Nasr Hamid Abu Zayd. Tekstualitas Alquran: Kritik Terhadap Ulumul Qur’an (Terj.) Khoiron Nahdliyyin. Yogyakarta: Lkis, 2003. Https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Tekstualitas_Al_Qur_An_Kritik_Terhadap_U.Html?Id=_F1odwaaqbaj&Redir_Esc=Y.
Neal Robinson. Discovering The Qur‟An: A Contemporary Approaches To A Veiled Text. London: Scm Press, 1996. Https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Discovering_The_Qur_An.Html?Id=H-Maaaaacaaj&Redir_Esc=Y.
Neuwirth, Angelika. “Rhetoric And The Qur“An” Dalam Encyclopaedia Of The Qur’an, Ed. Jane D. Mcauliffe .; Mustansir Mir, ‘Language’ Dalam ‘The Blackwell Companion To The Qur’an”, Ed. Andrew Rippin.’” Leiden: E. J. Brill, 2004.
Rahman, Yusuf. “Tren Kajian Al-Qur’an Di Dunia Barat.” Jurnal Studia Insania 1, No. 1 (2013): 1. Doi:10.18592/Jsi.V1i1.1076.
Rohman, Abdul. “Epistemologi Ilmu Munasabah Al-Quran.” Jurnal Studi Islam 2, No. 1 (2022): 25–42.
Saifullah. “Orientalisme Dan Implikasi Kepada Dunia Islam.” Jurnal Mudarrisuna 10 (2020): 166–89.
Soebarna, Ahmad Baihaqi. “Kontribusi Sarjana Barat Dalam Pengembangan Studi Al-Qur’an (Kajian Komparatif Atas Pemikiran Angelika Neuwirth Dan Andrew Rippin).” Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023. Https://Medium.Com/@Arifwicaksanaa/Pengertian-Use-Case-A7e576e1b6bf.
Umar, Muhammad Ar-Razi Fahduddin Ibn Al-’Alamah Dhiyauddin. Mafatih Al-Ghaib. Beirut: Daar Al-Fikr, 1981.
Wahbah Zuhaili. Tafsir Al-Munir. Kairo: Dar Al Kutub Al-Alamiyah, 2016.
Yanto, Edi. “Pentingnya Ilmu Munasabah Al-Qur’an (Studi Tentang Keterkaitan Antara Ayat/ Surat Dengan Ayat/ Surat Lain Dalam Al_Qur’an).” Al-Fathonah : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 2 (2021): 491–503.
Yusuf, M.S. “Penggunaan Ilmu Munâsabah Dalam Istinbâth Hukum.” Tajdid 26, No. 2 (2019): 117. Doi:10.36667/Tajdid.V26i2.332.








