POLA KONFLIK AGAMA DI WILAYAH PLURAL: STUDI KASUS PENDIRIAN RUMAH IBADAH DI KOTA JAMBI

Authors

  • Abdul Halim UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zaki Mubarak

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v19i1.128

Keywords:

Konflik Agama, Pola Konflik, Minoritas, Area Pluralistik

Abstract

Kota Jambi memiliki potensi konflik sosial, khususnya konflik agama terkait pendirian rumah ibadah. Sejarah konflik agama di Indonesia mencatat bahwa rumah ibadah menjadi salah satu sumber konflik potensial yang seringkali berujung pada perusakan dan pembakaran. Terkait hal tersebut, perlu dilakukan upaya agar konflik ini tidak berkepanjangan, salah satunya dengan revitalisasi kearifan budaya lokal yang tumbuh di masing-masing daerah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengambil objek lokasi di Telanaipura, Alam Barajo, dan Kotabaru Kota Jambi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sebagai kawasan majemuk, Kota Jambi juga tak luput dari konflik pendirian rumah ibadah yang terjadi di tiga wilayah, namun tidak berkepanjangan. Pola konflik diawali dengan aksi damai masyarakat muslim terhadap pendirian gereja di pemukiman mayoritas muslim. Konflik tersebut tidak berlanjut menjadi anarkis karena kearifan lokal masyarakat Kota Jambi menyelesaikan perkara melalui mufakat bersama tuo-tuo tengganai, tokoh adat, dan tokoh agama sehingga dapat diselesaikan oleh tokoh adat, tokoh agama dan pemerintah daerah di Kota Jambi.

 

Jambi City has the potential for social conflict, especially religious conflict related to the establishment of houses of worship. The history of religious conflict in Indonesia notes that houses of worship have become a source of potential conflict which often leads to destruction and burning. Related to this, it is necessary to make efforts to prevent this conflict is not prolonged, one option is by revitalizing of the local cultural wisdom that grows in each region. This study was conducted using a qualitative research approach. This research was conducted in Telanaipura, Alam Barajo, and Kotabaru in Jambi City. The results of this study found that as a pluralistic area, Jambi City was also not spared from the conflict of the establishment of places of worship that occurred in three regions, but was not prolonged. The pattern of conflict began with peaceful actions by Muslim communities against the construction of churches in Muslim-majority settlements. The conflict did not continue to be anarchic because the local wisdom of the people of Jambi City resolved cases through consensus with tuo-tuo tengganai, traditional leaders, and religious leaders so that it could be resolved by traditional leaders, religious leaders and local governments Jambi City.

References

Al-Faruqi, Isma’il R. dan Al-Faruqi, Lois Lamya. Atlas Budaya Islam, terj. Ilyas Hasan. (Bandung: Mizan, 1998).

Alganih, Igneus. Konflik Poso. (Kajian Historis Tahun 1998-2001). Jurnal Criksetra, Volume 5, Nomor 10, Agustus, 2016.

Amsal, Bakhtiar. Filsafat Agama, Wisata Pemikiran dan Kepercayaan Manusia. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009).

Agus, Bustanuddin. Agama dalam Kehidupan Manusia: Pengantar Antropologi Agama. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006).

Badan Pusat Statistik. Kota Jambi dalam Angka 2019. Kota Jambi: BPS Kota Jambi, 2019.

Bagir, Zaenal Abidin dkk.. Laporan Tahunan Kehidupan Beragama di Indonesia Tahun 2008-2011. (Yogyakarta: CRCS UGM, 2011).

Caveat, Freedom of Religion in Indonesia: Multiple Choicesnot Short Answers, Indonesian Monthly Human Rights Analysis. (09/ II, February 2010).

Creswell, J. W.. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions (2nd ed.). Thousand Oaks, (London, New Delhi: Sage Publications, 2007).

Denzin, N. K., & Lincoln Y. S.. Handbook of Qualitative Research (Dariyanto, Badrus Samsul Fata, Abi, & John Rinaldi, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009. (Original work published 2000).

Fisher, Simon dkk.. Mengelola Konflik: Ketrampilan dan Strategi Untuk Bertindak, (Jakarta: British Council, 2009).

Halim, Abdul & HM, Pahrudin. The role of Local Wisdom as Religious Conflict Resolution in Jambi City. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 27, No. 2 (2019). 353-374. DOI: http://dx.doi.org/10.21580/ws.27.2.4358.

Hartani, Mallia. Analisis Konflik Antar Umat Beragama di Aceh Singkil, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, Volume 2, Nomor 2, 93-99.

Haryanto, Sindung. Spektrum Teori Sosial; Dari Klasik Hingga Postmodern, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012).

Ismiati, Hesni. Konflik Antar Warga di Tanjung Balai Asahan Sumatera Utara, Jurnal EmpirikaVol.2 No.1, Mei. 2017.

Jamaludin, Adon Nasrullah. Agama dan Konflik Sosial: Studi Kerukunan Umat Beragama, Radikalisme dan Konflik Antarumat Beragama. (Bandung: Pustaka Setia, 2015).

Johnson, Doyle Paul. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1998).

Kimball, Charles. When Religion Becomes Evil, (USA: Harper Collins, 2008).

Kinseng, Rilus A.. Konflik Nelayan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia-Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, 2014).

Kustini dkk.. Efektivitas Sosialisasi PBM No.9 dan 8 Tahun 2006. (Jakarta: CV. Prasasti, 2009).

Kristina, Aulia dan Azmi, Ulul. Gereja Katolik ST. Teresia Kota Jambi 1935-2011. Jurnal Ilmiah Istoria, Vol.3, No.1, April, 2019.

Lindayanty. Jambi dalam Sejarah 1500-1942. Jambi: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, 2013.

Lulops, Roxane S. and Dudley D. Chan. Conflict from Theory to Action. (USA: Allyn & Bacon, 2000).

Marvasti, Amir B.. Qualitative Research in Sociology. (London: SAGE Publications, 2004).

Miles, M. B., & Huberman, A. M.. Analisis Data Kualitatif (Tjetjep Rohendi Rohidi, Trans.). Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992. (Original work published 1984).

Muqoyyidin, Andik Wahyun. Potret Konflik Bernuansa Agama di Indonesia (Signifikansi Model Resolusi Berbasis Teologi Transformatif), ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 2013, Volume XII, No. 2 Desember 2012, 315-340.

Nasikun. Sistem Sosial Indonesia. (Jakarta: Rajawali Press, 2008).

Putra, Benny Agusti. Sejarah Melayu Jambi dari Abad 7 Sampai Abad 20. Jurnal Tsaqofah & Tarikh, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni, 2018.

Rasyid, Mohd. Peredam Konflik Agama: Studi Analisis Penyelesaian di Tolikara Papua 2015, Jurnal Afkaruna, Vol. 13 No.1 Juni 2017.

Safi, Jamin. Konflik Komunal: Maluku 1999-2000, Jurnal Pendidikan dan Sejarah, Volume 12 No. 2, Maret 2017, 33-44.

Susan, Novri. Sosiologi Konflik: Teori-Teori dan Analisis. (Jakarta: PT. Kencana Media Grup, 2019).

Sukamto, Amos. Ketegangan Antar Kelompok Agama Pada Masa Orde Lama Sampai Awal Orde Baru: Dari Konflik Perumusan Ideologi Negara Sampai Konflik Fisik, Jurnal Teologi Indonesia 1/1 (Juli 2013), 25-47.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi: Suatu Pengantar. (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013).

Suaedy, Ahmad. Politisasi Agama dan Konflik Komunal: Beberapa Isu Penting di Indonesia. (Jakarta: The Wahid Institute, 2007).

Takdir, Muhammad. Identifikasi pola-pola konflik agama dan sosial. Ri’ayah, Vol. 02, No. 01, Januari-Juni 2017. 45-64.

Wirawan, Ida Bagus. Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Yin, R. K.. Studi Kasus: Desain dan Metode (M. Djauzi Mudzakir, Trans.) Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004. (Original work published 1996).

Yunus, Firdaus S.. Konflik agama di Indonesia: problem dan solusi pemecahannya. Substantia, Vol. 16 No.2, Okotber 2014. 217-228. Retrieved from http://substantiajurnal.org.

https://nasional.kompas.com/read/2019/01/08/18584911/ada-15-kasus-pelanggaran-hak-beragama-di-2018.

https://www.parokiteresiajambi.com/sejarah-gereja/(Sejarah Gereja ST. Teresia Jambi.

https://jambiprov.go.id/profil-sejarah-jambi.html.

http://wikimapia.org/19966188/id/Sekolah-Xaverius-Jambi-Ta-Tong-Hsieh-Hsiao.

https://recisfmmjambi.com/profil/detail/1/sejarah.

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

POLA KONFLIK AGAMA DI WILAYAH PLURAL: STUDI KASUS PENDIRIAN RUMAH IBADAH DI KOTA JAMBI. (2021). TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 19(1), 85-109. https://doi.org/10.30631/tjd.v19i1.128