EPISTEMOLOGI POSTRUKTURALISME OBJEK PEMIKIRAN ISLAM ABED AL-JABIRI DAN IMPLIKASINYA BAGI ILMU-ILMU DAN PEMIKIRAN KEISLAMAN

Authors

  • Hardiono Hardiono UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v19i1.119

Keywords:

Abed al-Jabiri, Epistemologi, Islam, Kritik

Abstract

Tulisan ini menganalisa tentang epistemologi dari pemikiran Arab kontemporer yakni Abed al-Jabiri. Sebagai pemikir muslim yang terkemuka berasal dari Maroko, Abed al-Jabiri terkenal dengan idenya mengkritik irasionalisme dan mengedepankan rasionalisme dalam merumuskan pemikiran Islam. Dia menjadi percaya bahwa ajaran Islam harus dilihat sebagai sekumpulan ide yang sesuai dengan rasionalitas dan gagasan ilmiah. Dalam analisisnya, Abed al-Jabiri mengkritik nalar Arab yaitu epistemologi bayani, irfani dan burhani. Dengan mengekplorasikan ketiga konsep epistemologi tersebut Abed al-Jabiri dengan tegas menyatakan bahwa ketiga konsep tersebut sudah membuat nalar Arab menjadi mundur. Al-Jabiri menganggap epistemologi nalar Arab ini sebagai titik kunci untuk memasuki semesta peradaban Arab yang membentuk secara keseluruhan bangunan keIslaman yang berkembang, bukan hanya di wilayah Arab, tetapi seluruh dunia, maka dari itu amat penting ketiga konsep ini harus dikeritisi oleh al-Jabiri dalam konsep dari postrukturalisme.

 

This paper analyzes the epistemology of contemporary Arab thought, namely Abed al-Jabiri. As a prominent Muslim thinker from Morocco, Abed al-Jabiri is well known for his ideas of criticizing irrationalism and promoting rationalism in formulating Islamic thought. He came to believe that Islamic teachings should be seen as a set of ideas compatible with rationality and scientific ideas. In his analysis, Abed al-Jabiri criticized Arab reasoning, namely the epistemology of bayani, irfani, and burhani. By exploring these three epistemological concepts, Abed al-Jabiri firmly stated that these three concepts had made Arab reasoning backward. Al-Jabiri considers this epistemology of Arab reasoning as the key point to enter the universe of Arab civilization which forms the whole Islamic building that develops, not only in the Arab region but throughout the world, therefore it is very important that these three concepts must be scrutinized by al-Jabiri.

References

Ridwan, Ahmad Hasan. Dasar-dasar Epistemologi Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Azizy, A. Qodri. Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Al-Jabiri, Muhammad Abed. Bunyah al-Aql al-Arabi. Beirut: Markaz Dirasat alWihdah al-Murabiah, 1986.

Al-Jabiri, Muhammad Abed. Takwin al-Aql al-Arabi. Beirut: al-Markaz al-Tsaqafy al-Araby, 1989.

Khairina, Arini Izzati. “Kritik Epitemologi Nalar Arab Muhammad Abed al-Jabiri”, El-Washatiya: Jurnal Stdi Agama. Vol.4, No. 1, Juni 2016.

Baktiar, Amsal. Filsafat Agama. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997

Shah, M. Aunul Abied (et. Al). Islam Garda Depan: Mosaik Pemikiran Timur Tengah. Bandung: Mizan, 2001.

Sonn, Tamara, “Mohammed Abed Al-Jabiri, Arab–Islamic Philosophy: A Contemporary Critique”, International Journal of Middle East Studies, Vol. 34, No. 2, 2002, Lihat juga, Muhammad „Abed al-Jabiri, Post-tradisionalisme Islam Yogyakarta: LkIS, 2000.

Al-Jabiri, Muhammad, Abed, Post-tradisionalisme Islam, penj. Ahmad Baso Yogyakarta: LkiS, 2000.

Al-Jabiri, Muhammad, Abed, Kritik Pemikiran Islam; Wacana Baru Filsafat Islam, penj. Burhan, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002.

Syafwan, Rozi, "Agama dan Postmodernisme: Menelusuri Metodologi dan Pendekatan Studi-Studi Agama", Ilmu Ushuluddin, 1.3, 2012.

Al-Jabiri, Muhammad, Abed, Takwin al-‘Aql al-Arabi,cet IV Beirut : al-Markaz al-Sakafi al- ‘Arabi, 1991.

Partanto A Pius dan Dahlan M. al-Barry, Kamus Ilmiyah Populer, Surabaya: Arkola, 2001.

Zulkarnain “Pemikiran Kontemporer Muhammad Abid al-Jabiri tentang Turats dan hubungan Arab dan Barat”, artikel diakses tanggal 24 November 2019, http://www. Litagama.org/Jurnal/Edisi6/alJabiri.htm

Sonn, Tamara, “Mohammed Abed Al-Jabiri, Arab–Islamic Philosophy: A Contemporary Critique”, International Journal of Middle East Studies, Vol. 34, No. 2, 2002.

Lihat Jurnal Al-Hikmah, Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam, Vol. 1 N0. 2 Juni-November. Nurliana Damanik, Muhammad Abid Al-Jabiri e-ISSN: 2655-8785, 2019.

Ichwan, Moch Nur, Kritik Kontemporer Atas Filsafat Arab-Islam, cet I Jakarta: Futuh Printika, 2003.

Wijaya, Aksin, Menggugat Otentisitas Wahyu Tuhan; Kritik Atas Nalar Tafsir Gender, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.

Hanafi, Hasan, Muhammad Aid al-Jabiri, Hiwar al-Masyriq wa al-Maghrib : Talihi Silsilah al-Rudud wa al-Munaqasat, diterjemahkan oleh Umar Bukhory dkk dengan judul Membunuh Syetan Dunia Meleburkan Timur dan Barat dalam cakrawala Kritik dan Dialog, Pengantar Faishal Jalul, cet I, Yogyakarta: IRCiSoD, 2003.

Al-Jabiri, Muhammad Abed , Arab-Islamic Philosofhy: a Contemporary, diterjemahkan oleh Moch Nur Ichwan dengan judul Kritik Kontemporer Atas Filsafat Arab-Islam, cet I, Jakarta: Futuh Printika, 2003.

Lihat Jurnal Ilmu Aqidah, volume 1, No 1, 2015. Nurlaelah Abbas, AL-JABIRI DAN KRITIK NALAR ARAB (Sebuah Reformasi Pemikiran Islam).

Lihat Jurnal Afkaruna, Volume 12 , No. 2 Desembar 2016, Ahmad Hasan Ridwan, Kritik Nalar Arab: Eksposisi Epistemologi Bayani, ‘Irfani dan Burhani Muhammad Abed Al-Jabiri.

Choir, Tholhatul Choir & Fanani, Ahwan. (ed.), Islam dalam Berbagai Pembacaan Kontemporer Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Hawkes, Terence. 2003. Strukturalism and Semiotics. London: Routledg.

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

EPISTEMOLOGI POSTRUKTURALISME OBJEK PEMIKIRAN ISLAM ABED AL-JABIRI DAN IMPLIKASINYA BAGI ILMU-ILMU DAN PEMIKIRAN KEISLAMAN. (2021). TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 19(1), 110-138. https://doi.org/10.30631/tjd.v19i1.119