KONSTRUKSI PEMIKIRAN ISLAM REFORMATIF M. ABID AL-JABIRI

Authors

  • Mugiono Mugiono Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30631/tjd.v14i2.26

Keywords:

Renaisans, Ratio, Teosentris, Antroposentris, Modernisme, Pemikiran Islam, Reformasi Al-Jabiri

Abstract

Modernisasi yang terjadi di Eropa pasca renaisans pada abad pertengahan berdampak ke dunia Islam dan menyadarkan umat Islam untuk bangkit dari ketertinggalannya guna mengejar kemajuan. Namun usaha mereka terbentur oleh tradisi dan budaya, sehingga melahirkan beberapa pemikiran solutif, yaitu pemikiran transformatif, reformatif dan idealis-totalistik. Di antara tokoh pemikir Islam reformatif adalah Muhammad Abid al-Jabiri yang pemikirannya dikenal sebagai proyek rekonstruksi nalar Arab melalui trilogi magnum opus-nya; Takwin al-‘Aql al-‘Arabi, Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi, dan al-‘Aql al-Siyasi al-‘Arabi, yang tergabung dalam Naqd al-‘Aql al-‘Arabi. Dengan bermodalkan philosophical approaches yang menjadi background pendidikannya, al-Jabiri menawarkan solusi untuk memecahkan stagnasi yang terjadi di dunia Islam selama kurang lebih sepuluh abad. Tulisan ini mengangkat empat tema bahasan pemikiran al-Jabiri: turats dan modernitas, akal Arab dan titik awalnya, epistemologi burhani, bayani, dan ‘irfani serta akal politik Arab.

References

Assyaukanie, Lutfi, “Tipologi Dan Wacana Pemikiran Arab Kontemporer,” artikel diakses pada tanggal 22 September 2007 dari http://media.isnet.org/islam/Paramadina/Jurnal/Arab2.html
Badudu, J.S., 2003, Kamus Kata-Kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia (Jakarta: Kompas Media Nusantara).
Husaini, Adian dan Nirwan Syafrin, “Hermeneutika Pemikir Kontemporer: Kasus Nasr Hamid Abu Zaid Dan Mohammad Abid al-Jabiri,” artikel diakses tanggal 22 September 2007 dari http://pondokshabran.org/index.php?option=com_content&task=view&id=32&Itemid=1
Harmaneh, Walid, 2003, “Kata Pengantar,” dalam Mohammed ‘Abed al-Jabiri, Kritik Kontemporer Atas Filsafat Arab-Islam, Alih bahasa: Moch. Nur Ichwan (Yogyakarta: Islamika).
John Cooper, dkk, ed., 2002, Pemikiran Islam dari Sayyid Ahmad Khan Hingga Nasr Hamid Abu Zayd (Jakarta: Erlangga)
Jabiri, Mohammed ‘Abed al-, 2003, Kritik Kontemporer Atas Filsafat Arab-Islam, Alih bahasa: Moch. Nur Ichwan (Yogyakarta: Islamika).
Muhammad Aunul Abied Syah, dkk, ed.,2001, Mosaik Pemikiran Islam Timur Engah (Bandung: Mizan)
Misrawi, Zuhairi, “Muhammad Abied Al-Jabiri: Pentingnya Aktualisasi Tradisi Sebagai Bentuk Kodifikasi Baru,” artikel diakses tanggal 22 September 2007 dari http://www.islamemansipatoris.com/cetak-artikel.php?id=148
Syafrin, Nirwan, “Kritik Terhadap Kritik Akal Islam Al-Jabiri,” Islamiya, Thn I No. 2 (Juni-Agustus 2004)
Susanto, Happy, “Geliat Baru Pemikiran Islam Kontemporer,” artikel diakses tanggal 22 September 2007 dari http://www.geocities.com/jurnal_iiitindonesia/pemikiran_islam_kontemporer.htm
Shihab, M. Quraish, 2005 Logika Agama; Batas-batas Akal Dan Kedudukan Wahyu Dalam Islam (Jakarta: Lentera Hati).
Wijaya, Aksin, 2004, Menggugat Otensitas Wahyu Tuhan; Kritik Atas Nalar Tafsir Gender (Yogyakarta: Safiria Insania Press).
Zulkarnain, “Pemikiran Kontemporer Muhammad Abid Al-Jabiri Tentang Turats Dan Hubungan Arab Dan Barat,” artikel diakses tanggal 22 September 2007 dari http://www.litagama.org/Jurnal/ Edisi6/aljabiri.htm

Downloads

Published

2015-11-02

How to Cite

KONSTRUKSI PEMIKIRAN ISLAM REFORMATIF M. ABID AL-JABIRI. (2015). TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 14(2), 203-222. https://doi.org/10.30631/tjd.v14i2.26