Optimalisasi Analisis Dhabth al-Muṣḥaf dalam Pembelajaran Tajwid di Madrasah Diniyah al-Qur'an Ibnu Katsir Jember Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.30631/qudwahquraniyah.v2i1.2390Keywords:
Dhabt, MADINA, Mushaf, TajwidAbstract
Dhabth yang ada di mushaf telah disusun para Ulama untuk memudahkan pembaca dan pelajar al-Qur'an. Namun sayangnya, tidak banyak pembelajaran yang mengoptimalkan penggunaan Dhabth dalam pengajaran baca al-Qur'an dan tajwid. Artikel ini mengkaji tentang implementasi pembelajaran al-Qur'an yang berbasis analisis Dhabth mushaf di MADINA (Madrasah Diniyah Al-Qur'an) Ibnu Katsir. Dengan melakukan interview, observasi dan kajian dokumentasi, peneliti memperoleh beberapa hasil kajian berikut: Pertama, MADINA Ibnu Katsir mengoptimalkan analisis Dhabth mushaf untuk mengantarkan santri yang sudah hafal huruf hijaiyah ke bacaan yang benar secara aplikatif. Kedua, Mushaf Madinah yang memang disusun dengan asumsi fokus perbaikan tajwid memiliki Dhabth lebih memudahkan guru mengajarkan cara membaca hukum tajwid dasar. Ketiga, Meski secara aplikatif, analisis Dhabth memudahkan pelajar menerapkan hukum tajwid, pembelajaran model itu harus dilanjutkan dengan pengenalan teori tajwid. Keempat, Kompetensi tajwid aplikatif selalu harus dikawal dengan talaqqi dengan guru atau pendamping belajar yang memiliki kesefahaman dalam metode dan pemahaman Dhabth.
Downloads
Published
Versions
- 2024-07-16 (2)
- 2024-06-28 (1)






