Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Fisika Smk Ma'arif Di Kecamatan Sukoharjo Saat Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.992Keywords:
Teknologi Informasi, covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran fisika secara daring pada masa pandemi covid-19 . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terfokus pada pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi pada pembelajaran fisika secara daring. Subyek penelitian yaitu 2 guru fisika beserta 22 peserta didik yang dipilih secara acak dari masing-masing sekolah SMK Ma'arif Sukoharjo dan SMK Ma'arif Keputran. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket peserta didik. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK Ma'arif di Kecamatan Sukoharjo terkait penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran fisika sebelum pandemi dan pada saat pandemi Covid-19 yaitu, masih belum maksimalnya proses pembelajaran fisika yang dilakukan secara daring. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor yaitu antara lain, inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru fisika dengan menggunakan teknologi informasi belum cukup membantu peserta didik dalam menjalani proses pembelajaran fisika secara daring selama pandemi Covid-19.
References
Abidin, Zainal, (2020) ‘Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusikegiatan Belajar Mengajar Ditengah Pandemi Covid-19', Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Abidah, (2020) ‘Peran Aplikasi WA Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian'
Abidin, Zainal, (2020) ‘Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusikegiatan Belajar Mengajar Ditengah Pandemi Covid-19', Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Anggara, Veno Julian, and Hamdi Rifai, (2019) ‘The Preliminary Analysis of Edupark Learning Devices of Temperature and Heat Physics of Air Panas Semurup Kerinci District, International Journal Conference On Reaserch and Learning Of Physics
Anshori, Isa, (2020) ‘Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Mts Al-Asyhar Bungah Gresik', Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Ariyantika, Devi, (2019) ‘Pengembangan Media Pocket Book Of Mathematics Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SLB'
Hakpantria & Trivena, (2020) ‘Pembelajaran Online Mahasiswa PGSD Di Tengah Pandemi Covid-19', Jurnal KIP, VIII.3.
Hamdani, Acep Roni, (2020) ‘Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang', Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI.01.
Handayani, I, E Febriyanto, and C Y Kristanti, (2019) ‘Peran Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Ilearning Plus Di Universitas Raharja', Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
Listiaji, Prasetyo, (2019) ‘Pengembangan Aplikasi Mobile Smartphone Berbasis Android Sebagai Menunjang Pembelajaran Fisika SMA Materi Hukum Gravitasi Newton', Wahana Pendidikan Fisika
Mahfudin, Moch Alif, (2020) ‘Upaya Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Media Pembelajaran Software Simulasi Gunung Api', Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika
Mansyur, Abd Rahim, (2020) ‘Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia', Education and Learning Journal
Marharjono, (2020) ‘Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19', Jurnal Karya Ilmiah Guru
Mulyadi, Eko, (2020) ‘Pembelajaran Daring Fisika Melalui Whatsapp, Google Form, Dan Email Dalam Capaian Presensi Aktif Dan Hasil Belajar Peserta Didik', Jurnal Karya Ilmiah Guru
Mustikaningrum, Dita Kharisma, (2019) ‘The Effect of Video Media with Google Form on Student Learning Results in Learning Solar System in Junior High School
Yuberti, (2015) ‘Dinamika Teknologi Pendidikan' IAIN Raden intan Lampung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M.
———, (2014) ‘Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan' (Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Yuberti and Antomi Saregar, (2017) ‘Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains' Bandar Lampung: Aura.
Zaenab, Vivi Nur, (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Laju Reaksi'.
Zahra, Nur Ainun, (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Model POE2WE Pada Pokok Pembahsan Hukum Newton', Jurnal Pendidikan Fisika Fisika Dan Keilmuan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

