MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIPA

Authors

  • Dinda Aura Natasya Pendidikan Fisikan Universitas Jambi
  • M Hidayat Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Rahma Dani Pendidikan Fisika Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.977

Keywords:

Minat, zoom cloud meeting, fisika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi minat belajar peserta didik dalam menggunakan aplikasi zoom cloud meeting di kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket minat belajar terhadap aplikasi zoom cloud meeting dengan sampel sebanyak 144 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah memiliki minat belajar yang tinggi. Indikator perasaan senang berada pada kategori baik dengan persentase 79%, indikator perhatian berada pada kategori baik dengan persentase 56%, indikator ketertarikan berada pada kategori baik dengan persentase 60%, dan indikator keterlibatan berada pada kategori baik dengan persentase 72%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya minat belajar yang tinggi akan mendorong siswa untuk memiliki kemauan yang tinggi dalam mengikuti pelajaran serta juga akan bersemangat dalam pembelajaran.

References

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom cloud meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi"¯: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2), 1.
Mulyadi, E. (2020). Pembelajaran Daring Fisika Melalui Whatsapp , Google Form , Dan Email Dalam Capaian Presensi Aktif Dan Online Physics Learning Via Whatsapp , Google Form , and Email in the Achievement of Active Presence and. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 34–41.
Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Karst"¯: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969
Sriana, W. R. I. (2013). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Supranto. (2000). Statistik: Teori dan Apikasi. Jakarta: Erlangga.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). EDUKATIF"¯: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. 2(3), 232–243.

Published

2021-12-30

How to Cite

MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIPA. (2021). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(3), 149-156. https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.977