PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE 9 PADA PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.972Keywords:
Multimedia Interaktif, iSpring Suite 9, Suhu dan KalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis iSpring Suite 9 pada pembelajaran Fisika di SMA materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Metode penelitian pengembangan Borg and Gall sampai pada tahap ke tujuh, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, perbaikan desain, validasi produk, uji coba produk, dan yang terakhir revisi produk. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian ini berupa multimedia interaktif berbasis iSpring Suite 9 pada pembelajaran fisika khususnya pada materi suhu dan kalor untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Hasil validasi produk oleh ahli media 87%, ahli materi 97%, dan ahli IT 80%. Uji coba produk kepada pendidik diperoleh nilai rata-rata sebesar 89%. Hasil uji coba skala kecil kepada peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 83%, dan uji coba lapangan 85%. Multimedia interaktif berbasis iSpring Suite 9 yang telah dikembangkan sangat layak dan sangat menarik digunakan untuk media pembelajaran fisika.
References
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 05(April), 1-13.
Dasmo, Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. 1(1), 99–102.
Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1-9.
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Learning with the Insight Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. 6(1), 177-190.
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik mesin, 2(2), 82-88.
Fransiskus, D., & Budiningsih, A. C. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 1-13.
Hendratmoko, A. F., Lesmono, A. D., & Yushard. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Instructional Game Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 239.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.
Mohayat, N. (2018). Modul Pembelajaran Matematika berbasis PISA. 16(1), 93-107.
Ninawati, M., Cianda, F., & Burhendi, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. 7(1), 47-54.
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. 2(3), 303.
Suardiman, M. F. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1-9.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuberti, & Saregar, A. (2017). Pengantar Metodelogi Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Bandar Lampung: AURA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

