PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA KULIAH EVALUASI PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Ratih Komala Dewi Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.915

Keywords:

Pembelajaran online, evaluasi proses dan hasil pembelajaran Biologi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online pada mata kuliah evaluasi proses dan hasil pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian survey. Subjek penelitian mahasiswa pendidikan biologi semester VI FKIP UMMY Solok tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan lima skala. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online pada mata kuliah evaluasi dan proses pembelajaran Biologi sangat baik. Mahasiswa tertarik mengikuti pembelajaran online. Pembelajaran online sesuai cocok diterapkan pada mata kuliah kuliah dan keterlaksanaan pembelajaran online berjalan dengan baik. Pembelajaran online mendukung pemahaman terhadap materi perkuliahan. Pembelajaran online dapat meningkatkan motivasi belajar. Mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran online, dosen dalam berperan sebagai fasilitator.

References

Alex Sobur. 2013. Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima.
Balaji, R., Al-Mahri, F., & Malathi, R. 2016. A Perspective Study on Content Management in E-Learning and M-Learning. eprint arXiv:1605.02093. Retrieved from http://arxiv. org/abs/1605.02093
Bentley, Y., Selassie, H., & Shegunshi, A. 2012. Design and evaluation of student-focused eLearning. Electronic Journal of E-Learning, 0(1), 1-12. https://doi.org/10.1007/s10648-13-9243-1
Bimo Walgio. 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi
Fallows, D. 2004. The Internet and Daily Life. Pew Research Center's Internet & American Life Project.
Hasmine Uma. 2013. Persepsi, Definisi, dan Faktor yang mempengaruhi. Kompasiana.com
Kendall, M. 2001. Teaching Online to Campus- based Students: The Experience of Using WebCT for the Community Information Module at Manchester Metropolitan University. Education for Information, 19(4), pp. 325–346
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, Jakarta.
Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2012. Model-Model Pembalajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ryan, R.S. 2013. The Effect of Online Discussion Forums on Student Learning and Student Perception of Learning in a Science Course at the Community College Level, Dissertations, University of Southern Mississippi.
Sarlito W. Sarwono. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Steven P Robbin. 1998. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. TemaBaru.

Published

2021-12-30

How to Cite

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA KULIAH EVALUASI PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI. (2021). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(3), 144-148. https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.915