VALIDITAS BUKU PANDUAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) YANG TERINTEGRASI KECAKAPAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.813Keywords:
Validitas, RPP, Kecakapan Abad 21Abstract
Penyusunan perencanaan pembelajaran yang baik akan mendukung terciptanya proses pembelajaran yang baik guna mencapai tujuan pembelajaran. Hasil revisi kurikulum 2013 tahun 2017 menyatakan bahwa dalam penyusunan perencanaan pembelajaran agar diintegrasikan dengan kecakapan abad 21 yang mencakup Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, Keterampilan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Perubahan ini juga mempengaruhi materi perkuliahan pada mata kulian perencanaan pembelajaran biologi. Sehingga perlu di kembangkan bahan ajar baru berupa buku panduan penyusunan RPP yang mampu menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas buku panduan penyusunan RPP ditinjau dari isi, penyajian, kebahasaan dan aplikasi dari kecakapan abad 21. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian kali ini dilakukan tahap pengembangan (develop) berupa uji validitas terhadap buku panduan penyusunan RPP dan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan angket yang dianalisis dengan menggunakan formula Aiken's. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku panduan yang dikembangkan valid dengan nilai validitas aiken's untuk aspek kelayakan isi 0,88, aspek penyajian 0,92, aspek kebahasaan 1,00 dan aspek kecakapan abad 21 yaitu 1,00. Kesemua aspek termasuk kategori valid sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan penyusunan RPP yang terintegrasi kecakapan abad 21 yang dikembangkan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran biologi.
References
Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia"¯: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.433
Aripin, I., Sugandi, M. K., Mulyani, A., & Majalengka, U. (2020). Pembekalan Kompetensi Guru Biologi Melalui Kegiatan Pelatihan Pembelajaran Biologi Abad-21. BERNAS"¯: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 150–158.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pebelajaran. Jakarta: Referensi.
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Gumrowi, A. (2020). Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajarn (RPP) Abad 21 Melalui Individual Conference. Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1), 1–8.
Hadi, M. S. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Berbasis PPK, Literasi, 4C, dan HOTS di SMPN 2 Dampit Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Budaya Warta Pendidikan, IV(7), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.0503/wp.v4i7.44
Hendryadi. (2017). Validitas Isi"¯: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 2(2), 169–178.
Irman, S., & Waskito, W. (2020). Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah (pp. 1–15). Jakarta: Kemdikbud RI.
M. Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan. Depok: Rajawali Pers.
Makhrus, M. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai "Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171
Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasir, A., & Nazihah, Z. (2020). Pengembangan buku panduan guru berbasis penemuan terbimbing pada materi statistika siswa SMP. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 20. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1733
Sari, S. Y., Sundari, P. D., Jhora, F. U., & Hidayati, H. (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 189. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/527
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 146–167. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i2.661
Wardhani, D. K., Islam, U., Raden, N., & Lampung, B. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Materi Bunyi Pada Alat Musik Tradisional Jambi. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 57–66.
Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yasa, A. D. (2018). Pengembangan Modul Tematik Berbasis STM (Sains, Teknologi Dan Masyarakat). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(April), 21–26.
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-Analisis: Validitas Dan Praktikalitas Modul Ipa Berbasis Saintifik. Bio-Lectura, 8(1), 45–56. https://doi.org/10.31849/bl.v8i1.6039
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

