RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS EDUTAINMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.748Keywords:
Discovery learning, Edutainment, dan Respon peserta didik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan model discovery learning berbasis edutainment dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan seluruh peserta didik kelas X IPA di MA Darul Ulum Palangka Raya sebanyak 30 peserta didik. Penelitian ini menggunakan total sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan angket respon peserta didik. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Penerapan model discovery learning berbasis edutainment dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berbasis edutainment mendapat respon yang baik dan positif dari setiap peserta didik. Proses pembelajaran terjadi komunikasi dua arah, dan peserta didik terlibat aktif dalam setiap langkah-langkah pembelajarannya. Model discovery learning berbasis edutainment mengkombinasi sintaks discovery dengan permainan/hiburan agar pembelajaran menjadi menyenangkan.
References
Azhari. (2013). Peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematik siswa melalui pendekatan konstruktivisme di kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 banyuasin III. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 7 (2).
Damayanti, D. S., Ngazizah, N. K., & Eko, S. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis Sma Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi. Online. Vol. 3 (1).
Haryadi, H. (2017). Efektifitas Strategi Pengajaran Edutainment dengan Metode Picture And Picture terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Materi Pokok Himpunan pada Siswa Kelas VII MTs. Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 3 (2).
Putra, I. G. D., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan kolaborasi model discovery learning berbasis media animasi. Journal of Education Technology. Vol. 4 (2).
Mubarok, C. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tav pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 03 (01).
Salsabila, R. Y., Prastowo, S. H. B. & Effendi, M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Vol. 4 (1).
Sofyan, M. A., Wasis, & Ibrahim, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah Berbasis Edutainment untuk Melatihkan Kreativitas Siswa SMK Jurusan Otomotif pada Materi Fluida Statis. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 7 (1).
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 2 (2).
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.











.png)

