PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS SMART APPS CREATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Yuberti Yuberti Tadris Fisika UIN Raden Intan
  • Dyah Kusuma Wardhani Tadris Fisika UIN Raden Intan
  • Sri Latifah Tadris Fisika UIN Raden Intan

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.746

Keywords:

Mobile learning, Smart Apps Creator, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa mobile learning yang berbasis Smart Apps Creator. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE yang memiliki lima langkah dalam tahapan penelitian nya diantaranya analysis, design, development, implementation dan evaluasion. Media pembelajaran berupa mobile learning berbasis Smart Apps Creator dikembangkan guna mempermudah proses pembelajaran siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian ahli materi dengan skor 87,76, ahli media dengan skor 94,58 ahli ahli teknologi dengan hasil rata-rata 84 sehingga produk sangat layak. Respon pendidik dilakukan untuk menilai kelayakan dari media pembelajaran berupa mobile learning yang dikembangkan dengan nilai rata-rata penilaian respon pendidik sebesar 89,04. Serta hasil respon ketertarikan siswa sebesar 82,403. Hasil uji respon ketertarikan mobile learning yang menunjukan bahwa media yang dikembangkan mampu memotivasi siswa dalam proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminda Dewi Sutiasih and Renny Permata Saputri, (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Organisasi Arsitektur Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6.1. 138.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (EdisiRevisi). Jakarta. Rajawali Pers.
Avin Wimar Budyastomo. (2020). Pembuatan Aplikasi Pengenalan Tatasurya Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator , Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 10(1) .1.
Hasmiah, (2010). meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Asessmen Kinerja. Lentera Pendidika, 13(1). 33-34.
Ipin Aripin, (2018). Konsep dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Education, 3(1). 3.
Maulana, L, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dengan Platform Android Materi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Pada Program Studi Ketenagalistrikan untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(2). 188-207.
Mustofa Al-emran, Hatem M.Els serif, and Khaled Shaalan, (2016). Investigating Attitudes Towards The Use of Mobile Learning in Higher Education. Computers In Human Behavior, 56 . 93.
Rosalina Indah Pramesty and Prabowo. (2013). Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Bab Fluida Statis Di Kelas XI IPA SMA Negeri Mojosari, Mojokerto, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3). 71.
Setyadi, D., dan Abd. Qohar. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano 8(1). 1-7.
Sugiyono. (2009¬). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabet.

Published

2021-08-04

How to Cite

Yuberti, Y., Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS SMART APPS CREATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 90–95. https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.746