PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS SMART APPS CREATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.746Keywords:
Mobile learning, Smart Apps Creator, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa mobile learning yang berbasis Smart Apps Creator. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE yang memiliki lima langkah dalam tahapan penelitian nya diantaranya analysis, design, development, implementation dan evaluasion. Media pembelajaran berupa mobile learning berbasis Smart Apps Creator dikembangkan guna mempermudah proses pembelajaran siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian ahli materi dengan skor 87,76, ahli media dengan skor 94,58 ahli ahli teknologi dengan hasil rata-rata 84 sehingga produk sangat layak. Respon pendidik dilakukan untuk menilai kelayakan dari media pembelajaran berupa mobile learning yang dikembangkan dengan nilai rata-rata penilaian respon pendidik sebesar 89,04. Serta hasil respon ketertarikan siswa sebesar 82,403. Hasil uji respon ketertarikan mobile learning yang menunjukan bahwa media yang dikembangkan mampu memotivasi siswa dalam proses belajar.
Downloads
References
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (EdisiRevisi). Jakarta. Rajawali Pers.
Avin Wimar Budyastomo. (2020). Pembuatan Aplikasi Pengenalan Tatasurya Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator , Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 10(1) .1.
Hasmiah, (2010). meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Asessmen Kinerja. Lentera Pendidika, 13(1). 33-34.
Ipin Aripin, (2018). Konsep dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Education, 3(1). 3.
Maulana, L, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dengan Platform Android Materi Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) Pada Program Studi Ketenagalistrikan untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(2). 188-207.
Mustofa Al-emran, Hatem M.Els serif, and Khaled Shaalan, (2016). Investigating Attitudes Towards The Use of Mobile Learning in Higher Education. Computers In Human Behavior, 56 . 93.
Rosalina Indah Pramesty and Prabowo. (2013). Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Bab Fluida Statis Di Kelas XI IPA SMA Negeri Mojosari, Mojokerto, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3). 71.
Setyadi, D., dan Abd. Qohar. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano 8(1). 1-7.
Sugiyono. (2009¬). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabet.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.