PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ENRICHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Eva Gusmira Tadris Fisika UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Lousiana Muliawati Tadris Fisika UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Saripah Ilma Tadris Fisika UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.736

Keywords:

Metode enrichment, quasi eksperimen, hasil belajar fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran enrichment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan effect size cohen’s. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan metode enrichment memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Berdasarkan perhitungan ukuran efek (effect size) diperoleh nilai ds sebesar 1,02. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran enrichment dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi sebanyak 55,4%. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan metode enrichment ini sangat baik diaplikasikan dalam pembelajaran fisika agar hasil belajar siswa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, S. M., & Joebagio, H. (2003). Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pengembangan Modul
Berbasis Portofolio dengan Model Enrichment untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Prosiding
Seminar Pendidikan Nasional. 174–182.
Diani, R., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video
Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Man 1 Pesisir Barat. 5(2), 265–275.
https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
Dr. Ridwan, M. B. . (2014). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung.
Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial dan Pengayaan Melalui Pembelajaran
Tutor Sebaya. 4.
Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi. 1–17.
Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran
Praktik Kelistrtikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. 6(1).
Siswati, H. A., & Sunarno, W. (2012). Pembelajaran fisika berbasis masalah dengan menggunakan
metode demonstrasi diskusi dan eksperimen ditinjau dari kemampuan verbal dan gaya belajar. 1(2).
Sugiyono. (2015). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumardi, Surya, R. A., & Naim, M. (2019). The effectiveness of enrichment triad model to enhance
students ’ learning outcomes of history learning. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012164
Surya, R. A., Handayani, S., & Soepeno, B. (2015). Penerapan Remedial Dan Enrichment Model
Renzulli Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Smk Negeri 1
Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014 / 2015. 1–7.

Published

2021-08-02

How to Cite

Gusmira, E., Muliawati, L., & Ilma, S. (2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ENRICHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAH. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 67–75. https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.736