PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS UNTUK SISWA SMA KELAS X

Authors

  • Vina Octavani Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • M Hidayat Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Tugiyo Aminoto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis saintifik pada materi fluida statis kelas X SMA yang layak dan untuk mengetahui persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Prosedur penelitian meliputi analisis kebutuhan, merancang LKS, validasi produk, revisi produk, dan uji persepsi siswa. Hasil penelitian ini berupa LKS berbasis saintifik pada materi fluida statis. Spesifikasi LKS yang dikembangkan terdiri atas judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar, langkah-langkah kegiatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan) dan  latihan soal. LKS berbasis saintifik ini telah divalidasi oleh ahli materi dan media serta dinyatakan valid  dan layak digunakan.  Hasil uji persepsi siswa yang dilakukan di kelas X MIA 4 SMA Negeri 10 Kota Jambi terhadap aspek desain pembelajaran baik (82%), aspek materi sangat baik (85%), aspek keterbacaan sangat baik (87%) dan visualisasi LKS sangat baik (88%).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-04-30

How to Cite

Octavani, V., Hidayat, M., & Aminoto, T. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS UNTUK SISWA SMA KELAS X. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(1), 36–45. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.713