ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.711Abstract
Pemilihan kelompok peminatan mata pelajaran pada tingkat SMA yang dilakukan oleh siswa pada Kurikulum Tahun 2013 berkaitan dengan kemampuan dasar umum (kecerdasan), bakat, minat dan juga kecenderungan pilihan dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Namun hal ini tidak sepenuhnya menjamin siswa yang memilih kelompok peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari pelajaran bidang IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan uji keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada pelajaran Fisika dilihat dari sikap, kesadaran diri dan kesiapan siswa saat belajar. Siswa cenderung menyukai materi fisika yanf banyak melibatkan kemampuan berhitung. Metode pembelajaran yang digunakan guru mempengaruhi tingkat ketertarikan siswa untuk belajar. Pemberian tugas yang terlalu banyak bagi siswa menyebabkan penurunan minat belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.