DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5.5 PADA MATERI GELOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.710Keywords:
Pengembangan, multimedia interaktif, pembelajaran fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk desain multimedia interaktif menggunakan software adobe flash professional CS5.5 pada materi sifat-sifat gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Desain pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Media pembelajaran divalidasi oleh tim ahli dan diujicobakan pada mahasiswa program studi pendidikan fisika semester 4. Produk multimedia interaktif yang dikembangkan dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Hasil ujicoba persepsi mahasiswa terhadap produk multimedia interaktif pad aspek desain media sebesar 85,0 (sangat baik), aspekr materi sebesar 78,33 (baik), dan aspek keterbacaan media sebesar 81,94 (sangat baik). Multimedia interaktif pada materi gelombang yang dikembangkan layak digunakan.
Downloads
References
Arsyad, A. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fajrin, M. (2016). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3424
Herlinda, H., Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Journal of Education Research, 1(2), 125–133. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.11
Lee, W dan Owen, L.2004. Multimedia-Based Instructional Design:Computer-based Training Web based Training distance Broadcast training performance based solutions. Published online :Pfeiffer
Madcoms., 2011. Mahir dalam 7 Hari Adobe Ilustrator CS5. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Mulyanta, ST dan Leong, M. 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta.
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3).
Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika : Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255
Rohmani, Sunarno, W., & Sukarmin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lks Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X Sma/Ma. Jurnal Inkuiri, 4(1).
Rosdiana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95
Sari, N. A., Yulianto, Y., & Yuliani, H. (2021). Studi Literatur Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Pembelajaran Fisika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 18. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2791
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i2.2535
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Widada, & Rosyidi, A. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Fisika SMP Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal IT CIDA Vol. 3 No. 2 Desember 2017, 3(2).
Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.