PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA DI SMPN 17 TEBO

Authors

  • M Junaid Tadris Fisika UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Salahudin Salahudin Tadris Fisika UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Rita Anggraini Tadris Fisika UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas VII SMPN 17 Tebo tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 17 Tebo. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik cluster random samping. Sampel yang digunakan adalah kelas VII/1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII/2 sebagai kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa pada materi perpindahan kalor. Desain eksperimen menggunakan posttest control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman konspe bentuk multiple choice. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%.  Hasil penelitian diperoleh  = 48.3 >  = 1.68, maka  diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penerapan problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMPN 17 Kabupaten Tebo.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-04-30

How to Cite

Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA DI SMPN 17 TEBO. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(1), 16–21. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709