PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA DI SMPN 17 TEBO
DOI:
https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas VII SMPN 17 Tebo tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 17 Tebo. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik cluster random samping. Sampel yang digunakan adalah kelas VII/1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII/2 sebagai kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa pada materi perpindahan kalor. Desain eksperimen menggunakan posttest control group design. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman konspe bentuk multiple choice. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh = 48.3 > = 1.68, maka diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penerapan problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMPN 17 Kabupaten Tebo.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Physics and Science Education Journal (PSEJ) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to PSEJ. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.