PENGARUH MICROBLOGGING EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Rachmanita Prihana Rizki Pendidikan IPA, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sabar Nurohman Pendidikan IPA, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.707

Keywords:

Edmodo, hasil belajar, kemandirian belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Microblogging Edmodo  terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 1 Minggir pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP N 1 Minggir sebanyak 7 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling didapatkan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan Edmodo dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan media tayang berupa LCD. Instrumen penelitian yang digunakan  adalah (1) angket kemandirian belajar, (2) lembar observasi kemandirian, dan (3) soal kognitif. Uji hipotesis menggunakan independent sample t test dan MANOVA dilanjutkan perhitungan Cohen's effect. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh penggunaan Edmodo terhadap kemandirian belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan; (2) terdapat pengaruh penggunaan Edmodo terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan; dan (3) terdapat pengaruh penggunaan Edmodo terhadap kemandirian dan hasil belajar peserta didik secara simultan pada materi pencemaran lingkungan.

References

Cohen, et al. (2007). Metode Penelitian dalam Pendidikan. New York. Routledge. 657 Hal
Maymadya, L. (2017). Pengembangan Tutorial Edmodo Untuk Tenaga Pengajar. Jurnal Kajian Teknologi Vol.2 No. 1.
Oktavera, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (2), 327-338
Privitera, G.J. & Delzell, L.A. (2019). Quasi-Experimental and Single-Case Experimental Design Chapter Thirteen. California: SAGE Publication Inc
Rusman, K & Riyana. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Rajagrafindo Persada
Rismayanti, A. (2013). Mengenal Lebih Dekat Edmodo sebagai media E-Learning dan Kolaborasi. Bandung: Alfabeta
Sanaky, H (2013). Media Pembelajaran interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sudibyo & Wasis (2013) Penggunaan Media Pembelajaran Fisika dengan E-Learning berbasis Edmodo Blog Education pada materi Alat Optik untuk meningkatkan respons dan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 4 Surabaya. Journal FMIPA. Universitas Negeri Surabaya
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published

2021-04-30

How to Cite

PENGARUH MICROBLOGGING EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. (2021). Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(1), 1-7. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.707